2018 Tangsel Akan Menjadi Kota Koperasi

Teropongpost, Tangsel, -Tangsel ditahun 2018 akan menjadi kota koperasi guna kesejahteraan masyarakat, dengan kesadaran masyarakat membuat koperasi secara otomastis akan mengurangi pengangguran, betapa tidak? karena dengan koperasi akan tercipta lapangan kerja sehingga masyarakat tidak sulit dalam mencari pekerjaan.

Menurut keterangan Kepala Dinas Koperasi Warman Syanudin pihaknya berharap dengan adanya kota koperasi ditahun 2018 mendatang terciptalah koperasi tingkat nasional.

“Karena saya berharap minimal ada 1 atau dua saja tingkat nasional, jadi saling membina agar yang kecil tidak hanya bergerak disitu saja, bukan hanya dinas koperasi, perusahaan harus masuk, perguruan tinggi juga harus masuk, karena ini harus di riset” Tandasnya, Rabu (26/04).

Warman Syanudin juga menjelaskan bahwa pihaknya telah bekerja sama dengan PUSPITEK yang berperan sebagai Penumbuhan Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT), sekitar 15 (limabelas) orang telah mengikuti pelatihan penanaman anggrek mulai dari pembenihan hingga perawatan selama tiga bulan.

Kerjasama Dinas Koperasi dengan Technology Business Incubation Center (TBIC) Puspiptek yang telah diresmikan dua bulan yang lalu oleh Kementerian DIKTI guna penelitian produk-produk jadi.

“Dan sekarang lebih kepada produk-produk yang jadi, kemaren kita dngan TBIC sudah mulai masuk, kita sudah kerjasama, Produk-Produk apapun akan lebih diteliti disana” tegas Kepala Dinas Koperasi.

Bukan itu saja, Warman Syanudin menegaskan bahwa pihaknya mendorong bagi wirausaha untuk berjualan online. Warman Syanudin mengaku telah didatangi deputi dari Kementerian Kominfo yang akan melakukan pelatihan kepada 1000 (seribu) wirausaha dan akan diberikan fasilitas untuk berjualan online. Hal tersebut sebagai pondasi guna menghadapi kota koperasi mendatang.

Bahkan Dinas koperasi bulan depan akan mencanangkan kepada sekitar 3000 (Tiga Ribu) koperasi sebagai wira usaha muda.

Warman Syanudin juga menambahkan terkait Syarat mendirikan sebuah koperasi minimal ada 20 (dua puluh) orang perkumpulan, dengan tujuan dan visi yang sama, bidang usaha apa yang dikerjakann harus sejalan. Untuk legalitas pembuatan koperasi juga digeratiskan.

“Untuk legalitas pembuatan koperasi digeratiskan, bahwa dinas koperasi yang akan fasilitasi kepada masyarakat” tambahnya.

Dengan masih banyaknya angka pngangguran di Indonesia khusunya kota tangsel, Kota Koperasi semoga dapat memberikan solusi dalam mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran bagi masyarakat Tangsel di Tahun 2018 mendatang (Mus/HR)