5 manfaat Pahitnya Buah Pare bagi kesehatan

Teropongpost, Tangsel, – Hello semua, Kali ini kami akan sedikit membagikan info seputar Kesehatan untuk kita.
Buah TP, Pare atau yang memiliki nama latin (Momordica charantia) yang termasuk dari jenis mentimun atau Cucurbitacaea, merupakan buah yang umumnya berada dan tumbuh di daerah tropis. Diberbagai wilayah di Indonesia pare memiliki nama yang berbeda-beda, seperti didaerah Nusa Tenggara buah yang memiliki rasa pahit ini disebut dengan nama Pariak, sedangkan di daerah Sulawesi menyebutnya dengan nama Palia. Buah berwarna hijau dan memiliki bentuk yang khas agak berbiku dan bergerigi ini juga kerap kali di olah untuk di jadikan bahan masakan seperti di tumis, maupun di rebus.

Selain dapat di konsumsi, buah Pare ini juga memiliki nilai gizi diantaranya, mengandung berbagai macam vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, kalsium, kalium, seng, zat besi, tembaga, fosfor, folat serta kandungan gizi lainnya.

Berikut adalah beberapa manfaat dari buah Pare bagi kesehatan, diantaranya:

1. Dapat menurunkan berat badan.

Dilansir dari laman grid.id, Pare memiliki sifat pemurnian darah dan penurunan berat badan dilanjutkan dengan lansiran laman Boldsky yang menyebutkan bahwa Pare memiliki kandungan karatin dan polipeptida yang sangat mirip dengan insulin. Jika kadar insulin memiliki kenaikan maka gula darah dalam tubuh akan menurun sehingga dapat menyebabkan penurunan pada berat badan.

2. Mengurangi jerawat dan infeksi kulit lainnya.

Mengkonsumsi buah Pare disinyalir dapat membantu mengurangi jerawat, noda flek hitam pada kulit wajah, serta gangguan kulit lainnya terutama yang disebabkan oleh darah kotor seperti kadas, kurap, panu, bisul dan infeksi kulit lainnya. Buah Pare juga dapat mengurangi penuaan dini pada kulit wajah karena di dalamnya mengandung anti-oksidan yakni 17 kalori per 100 gram yang penting untuk kesehatan tubuh dan dapat menjaga keremajaan kulit.

3. Membantu menyembuhkan gangguan pencernaan

Pare dengan rasa yang pahit ternyata memiliki manfaat yang baik untuk pencernaan, karena mampu menjaga keseimbangan asam didalam tubuh sehingga efektif mencegah datangnya kenaikan asam lambung, membantu mengurangi masalah sembelit dan menyehatkan pencernaan.

4.Menyehatkan mata.

Mencegah masalah pada mata kandungan vitamin A dan betakaroten pada buah pare ternyata dapat bermanfaat untuk kesehatan mata selain itu, vitamin C yang terkandung dalam buah ini dapat mengurangi proses oksidasi yang membantu mengurangi masalah pada mata.

5.mencegah perkembangan kanker pada tubuh.

Kanker merupakan penyakit yang disebabkan oleh berjalannya hormon yang tidak beraturan sehingga menyebabkan tumbuhnya daging pada jaringan tubuh normal atau disebut juga tumor. Dengan mengkonsumsi buah pare disinyalir mampu mencegah maupun mengurangi kanker dalam tubuh, kandungan zat lesichin yang cukup tinggi dalam buah pare dikatakan dapat mencegah tumbuhnya sel kanker yang berkembang didalam tubuh dengan mengkonsumsinya secara rutin.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat buah Pare bagi kesehatan diantaranya menurunkan kolesterol, melawan infeksi dalam tubuh, mengurangi peradangan pada penyakit liver dan lain sebagainya. Namun perlu diingat apapun manfaat dari buah Pare bagi kesehatan tubuh juga perlu diimbangi dengan pola hidup sehat dan konsultasi ke dokter bila perlu. Salam sehat semoga bermanfaat.(Tim)

Sumber :Hellosehat.com