Batik Kota Sragen dalam Event Galeri Etnik Nusantara

Teropongpost, Tangsel, – Dalam Event Pembukaan Galeri Etnik Nusantara “Expo Sejuta UKM” yang diadakan di Mall WTC Matahari Serpong Tangerang Selatan pada Rabu, 17 – 21 Juli 2019 turut hadir Kabupaten Sragen yang dihadiri oleh Bapak Untung Sugihartono Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Sragen, Kepala Bidang Ibu Dewi beserta staf jajaranya.
Sragen merupakan sebuah kota kecil yang terletak di sisi utara gunung Lawu dan masih masuk dalam wilayah provinsi Jawa Tengah. ASRI menjadi slogan kabupaten Sragen yang merupakan singkatan dari Aman Sehat Rapi Indah.

Bapak Untung memaparkan, “Kota atau Kabupaten Sragen mengikuti kegiatan ini dalam rangka mempromosikan produk-produk unggulan dari Sragen, terutama untuk saat ini menampilkan produk Batiknya. Kita ketahui bahwa batik ini sudah menjadikan suatu pakaian Nasional dan mungkin juga Internasional yang semua orang akan memakainya oleh karena itu produk daganganlah yang kita harapkan agar bisa bersaing dengan produk-produk batik yang lainnya, jadi Sragen mempunyai ciri khas tersendiri”.

Sragen sudah mengembangkan produk Batik Tenun Kain Goyor yang sekarang mulai di produksi dan kita juga mengadakan pelatihan ke beberapa orang atau penenun-penenun baru, Batik Tenun Kain Goyor ini sebenarnya adalah salah satu peninggalan-peninggalan Budaya yang ada di Sragen yang tepatnya berada di Desa Kalijambe Sangiran, konon Tenun itu sudah produksi akan tetapi untuk para pemegang Label itu berada di Daerah lain seperti Solo dan sekitarnya. Maka dari itu sekarang pihaknya selain melatih IKM baru, juga melatih Pengusaha-pengusaha baru untuk kain Goyor. Beliau mengambil stand di GENSA ini dengan tujuan dan harapan untuk mengembangkan Produk Batik tersebut ke daerah atau wilayah Tangerang Selatan.

“Kami membuka stand mulai dari dibuka dan sampai tanggal 21 juli nanti. Harapan kita untuk Kota Sragen dengan adanya Event yang bertaraf Nasional seperti ini selain untuk mempromosikan produk Batik, juga agar bisa dikenal dan diakui oleh Negara-negara lain. Disini kita tidaklah hanya untuk menjual produk, paling tidak kita mengenalkan dan mungkin ada Investasi lain yang bisa untuk pesan. Serta produk yang disini hanyalah untuk Sample saja,” tutup Untung Sugihartono.(Tini/Arga)