Belajar Bahasa Merevolusi

Bagaimana aplikasi smartphone merevolusi belajar bahasa?

         Ketika iPhone diluncurkan pada tahun 2007, beberapa bisa meramalkan dampak itu akan pada pendidikan. Salah satu perkembangan yang paling kuat dalam pendidikan telah kedatangan aplikasi pembelajaran bahasa.

     Terlepas dari perangkat yang Anda gunakan, salah satu pendorong utama dalam revolusi mobile learning adalah banyaknya aplikasi yang tersedia di toko aplikasi yang berbeda. Pada bulan Mei 2013, jumlah aplikasi download dari toko iTunes App saja mencapai 50 miliar . Dan banyak pilihan sangat penting untuk aplikasi bahasa.

       Aplikasi pembelajaran bahasa yang paling terkenal mungkin DuoLingo dan Busuu tetapi ada banyak lagi untuk memilih dari karena sifat smartphone membuatnya ideal untuk menyerap bahasa dan mengasah keterampilan bahasa.

Smartphone berbicara dalam bahasa Anda

        Pembelajaran bahasa digital telah tentu saja telah populer selama bertahun-tahun tetapi fitur smartphone yang memicu pergeseran dari tradisional mendengarkan dan membalas CD tua. Layar sentuh responsif, entri teks ditingkatkan, kualitas gambar tinggi, perekaman audio dan video, mengedit, dan berbagi, pengenalan suara, penyimpanan, konektivitas, dan GPS semua menyatukan pengalaman multi-indera yang membuat untuk efektif akuisisi bahasa .

        Campuran media yang berbeda dan cara-cara yang bervariasi di mana informasi dapat disajikan membuat menggunakan aplikasi untuk belajar bahasa jauh lebih menarik daripada buku teks tradisional atau kegiatan yang digunakan untuk dilakukan di laboratorium bahasa yang dapat ditemukan di sekolah-sekolah dan universitas dengan lama -kuno video dan rekaman audio, koran, kamus dan sumber daya lainnya.

       Terlebih lagi, Anda tidak “terbuka” kepada orang lain jika Anda membuat kesalahan sehingga Anda merasa lebih nyaman mencoba tugas sebanyak yang Anda inginkan sampai Anda mendapatkan mereka benar. Fitur game-seperti yang membuat menggunakan aplikasi menyenangkan dan fakta bahwa Anda tidak perlu menghabiskan berjam-jam di pengaturan formal juga membantu. Anda dapat melakukan lima menit latihan cepat sementara Komuter atau bahkan di toilet .

       Duolingo adalah layanan gratis yang membuat ekstensif menggunakan unsur-unsur gamification yang apps mampu dan menawarkan sistem pembelajaran bahasa sangat komprehensif. Kegiatan yang bervariasi dan meliputi penerjemahan, menulis, membaca, mendengar dan merekam, yang membantu pengguna mengembangkan beberapa keterampilan dalam cara yang menyenangkan. Mereka disajikan sebagai potongan pendek yang belajar peserta didik dapat mengambil dalam beberapa menit dari waktu luang.

2-howsmartphon       Busuu adalah penyedia komersial dan menawarkan aplikasi dalam beberapa bahasa, diberi label dengan jelas oleh tingkat menyusul Eropa Kerangka Umum Acuan untuk Bahasa . Ada pengecap dan premium paket gratis yang meliputi penjelasan, kegiatan pemahaman dan menulis dan pengujian diri.

       Aplikasi lain yang dirancang untuk belajar bahasa termasuk kamus dan buku ungkapan, yang dapat relatif mahal dalam hal harga app, tetapi dapat diintegrasikan ke dalam aplikasi lain, seperti Kindle, sehingga fungsi kamus bekerja ketika membaca teks bahasa asing. Beberapa di antaranya adalah panduan pengucapan. Ada juga tata bahasa aplikasi pengeboran, beberapa di antaranya disediakan oleh nama-nama besar dalam pembelajaran bahasa seperti Collins atau The British Council. Ini adalah sempurna bagi siswa yang ingin melakukan latihan tata bahasa atau praktek konjugasi kata kerja, misalnya.

      Untuk keterampilan menulis ada ejaan aplikasi dan juga menulis karakter aplikasi untuk bahasa seperti Jepang atau Cina serta kamus yang mencakup panduan pengucapan. Aplikasi lain, seperti MacMillan Suara , secara khusus dirancang untuk belajar fonetik. Bahkan ada aplikasi yang dapat digunakan siswa untuk membuat flashcards mereka sendiri untuk membantu mereka menghafal kosa kata, seperti Quizlet .

Beradaptasi aplikasi Anda

     The besar berbagai luar sana juga berarti bahwa orang yang ingin belajar bahasa dapat menggunakan aplikasi yang bahkan tidak ditujukan untuk pengajaran bahasa untuk mengambil kata-kata dan frase. Sebuah aplikasi diproduksi untuk penutur asli bisa sama menguntungkan sebagai aplikasi pembelajaran bahasa, bahkan jika itu adalah lebih dari sebuah tantangan untuk digunakan. Koran atau majalah langganan dalam bahasa asing dan pengolah kata diatur dalam bahasa dapat membantu dengan membaca dan menulis, sementara aplikasi media sosial dapat digunakan untuk terhubung dengan penutur bahasa lain.

      Aplikasi seperti Skype atau FaceTime akan memungkinkan peserta didik untuk melakukan percakapan dalam bahasa mereka pembelajaran asalkan mereka tahu beberapa penutur asli atau sesama siswa. Aplikasi lain seperti Blackboard Berkolaborasi dapat menyediakan tempat pertemuan bagi beberapa siswa untuk berkumpul dan berlatih bahasa yang mereka pelajari. Beberapa aplikasi pembelajaran bahasa seperti DuoLingo memberikan umpan balik dari penutur asli, yang bisa sangat berguna untuk peserta didik juga.

Apa yang membuat aplikasi yang baik?

     Faktor penentu keberhasilan untuk aplikasi untuk belajar bahasa adalah pedagogi yang baik, teknologi dan desain. Sedangkan beberapa aplikasi memiliki desain yang menarik, mereka mungkin kurang dalam prinsip-prinsip pedagogis di balik desain itu. Bahkan, banyak aplikasi pembelajaran bahasa menggunakan prinsip-prinsip pedagogis sangat usang seperti mendengarkan dan ulangi, atau pengeboran tata bahasa murni tanpa konteks. Bahkan ini, bagaimanapun, dapat sangat berguna untuk praktek yang sangat terfokus.

      Hal ini tidak mungkin bahwa salah satu aplikasi akan memberikan semua solusi kebutuhan siswa untuk belajar bahasa, tetapi smartphone dan tablet dapat menyimpan banyak aplikasi yang berbeda untuk tujuan yang berbeda.

      Ini adalah hal terbaik yang dapat membawa aplikasi: solusi portabel untuk setiap gaya belajar yang berbeda dapat sesuai dengan belajar bahasa persyaratan keterampilan: tata bahasa, kosa kata, membaca, mendengar, menulis atau berbicara. Kombinasi aplikasi (app menumbuk) yang mencakup keterampilan yang berbeda akan membantu pembelajar bahasa terlibat, setiap saat, setiap tempat dan dengan kecepatan apapun dengan berbagai gaya mengajar, dari latihan tata bahasa yang berulang-ulang untuk gamified semua-dalam-satu solusi.Hanya peserta didik tahu mana yang bekerja untuk mereka. Terserah mereka untuk men-download, coba, dan bekerja keluar yang terbaik untuk kebutuhan mereka.

Cerita ini diterbitkan courtesy of The Conversation (di bawah derivatif Creative Commons-Attribution/No). (TYL)