Berbagai manfaat Cabai bagi Kesehatan kita

Teropongpost, Tangsel, – Yang memiliki rasa pedas dilidah, menggugah selera bagi penggemarnya namun ada juga sebagian lain yang menghindarinya karena bisa membuat sakit perut bila dikonsumsi secara berlebihan. Meskipun begitu, olahan dari sayuran umumnya berwarna merah dan hijau ini masih saja digemari. Dibalik rasa pedasnya, ternyata, cabai memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan anda. Sudah tahukah?

Cabai merupakan sebuah tanaman yang dari anggota genius capsicum yang digolongkan sebagai sayur-sayuran atau bumbu tergantung penggunaanya. Di asia tenggara, pedasnya cabai sangat populer dijadikan bumbu dan penguat rasa pada makanan. Cabai juga merupakan jenis tanaman yang mudah ditanam baik didataran rendah maupun dataran tinggi. Selain itu, cabai juga memiliki kandungan vitamin A dan C serta zat capsaicin yang memberikan efek pedas dan hangat jika dikonsumsi.

Dilansir dari salah satu laman kesehatan, selain sebagai bahan baku untuk membuat sambal dan penyedap rasa, ternyata dibalik rasa pedas yang ditimbulkan cabai, memiliki manfaat bagi kesehatan yakni :

1. Menurunkan kolesterol dan melancarkan peredaran darah
Sebuah studi yang dilakukan oleh para dokter naturapaty di Eropa menjadikan cabai sebagai ramuan obat untuk membantu dalam menurunkan kadar kolesterol dan melancarkan peredaran darah serta membersihkan pembuluh darah menjadi lebih sehat.

2.Tambahan asupan vitamin C
Vitamin C yang terkandung dalam cabai memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan mulut dan pencernaan anda. Hal ini dibuktikan oleh Sukan Visudipan yang merupaka seorang ahli hermatologis, yang menyatakan bahwa kandungan vitamin pada cabai disinyalir dapat membantu mempercepat proses kinerja pencernaan lebih baik, yang tentunya dikonsumsi dengan cara yang benar dan tidak berlebihan.

3. Menghangatkan dan mendinginkan tubuh
Kandungan cabai memiliki manfaat untuk menormalkan suhu tubuh anda. Ini diartikan ketika tubuh anda sedang kedinginan, kandungan DHC dan NDHC ( narhidicapsaicin) pada cabai dapat membantu menghangatkan tubuh anda, selain itu, jika kondisi tubuh sedang kepanasan, maka cabai dapat membantu mendinginkan suhu tubuh. Singkatnya, cabai dapat membantu menyesuaikan kondisi tubuh sehingga suhu nya tetap stabil dan normal.

4. Kaya akan Antioksidan
Zat antosianin dikenal sebagai zat yang dapat membantu menangkal kanker. Selain itu, antioksidan didalamnya bermanfaat sebagai penghambat tumbuhnya sel kanker pada tubuh karena zat antosanin lah yang memiliki peran penting dalam mengatasi dan mencegah kanker.

5. Tambahan asupan vitamin A
Vitamin A dalam cabai terutama cabai rawit sangat dibutuhkan tubuh terutama untuk meningkatkan ketajaman mata. Dengan tercukupinya vitamin A dapat dipastikan pengelihatam anda menjadi lebih normal dan sehat.

Ternyata dibalik pedasnya cabai, terdapat manfaatnya bagi kesehatan anda. Namun, perlu diperhatikan konsumsinya karena bagi penderita lambung misalnya, konsumsi makanan berasa pedas perlu dikurangi atau jika memang ingin mengkonsumsinya harus diperhatikan jumlah dan kadar pedasnya dan lebih baik sebelumnya dimulai dengan mengkonsumsi makanan terlebih dahulu dan jangan biarkan perut anda kosong saat mengkonsumsi cabai.(Tim)

Sumber : Doktersehat