BIS TINGKAT JADI ALTERNATIF KELILING JAKARTA GRATIS

Teropongpost, Jakarta, – Bagi anda yang hendak menikmati liburan disekitaran Jakarta, belum lengkap rasanya jika tidak menikmati fasilitas transportasi publik untuk keliling Jakarta. Yap, disarankan anda dapat menggunakan fasilitas bus tingkat yang bisa anda nikmati setiap hari.

Bus wisata tingkat merupakan salahsatu fasilitas yang bisa anda gunakan jika ingin berkeliling kesekitaran Jakarta. Bus ini merupakan bagian dari program coorporate sosial responsibility (csr) dalam rangka menciptakan moda transportasi publik yang nyaman dan dapat digunakan oleh masyarakat. Untuk itu berbagai macan logo perusahaan tertera dalam setiap bus wisata tingkat Jakarta ini.

Sesuai dengan namanya, Bus ini memiliki dua tingkat dengan jumlah kursi lantai bawah sebanyak kurang lebih 10 kursi dan lantai atas berjumlah kurang lebih 20 kursi dengan ditambah kursi prioritas bagi penyandang disabilitas, lansia dan ibu hamil yang berada dilantai pertama.

Berdasarkan pantauan tim teropongpost pada (08/01/2019), Rute bus wisata ini melayani anda keberbagai tempat ikonik di Jakarta diantaranya Wisata Cagar Budaya, Wisata Kuliner, Wisata Kesenian dan berbagai tempat wisata populer lain di Jakarta. Selain itu, Petugas tour guide atau pembimbing perjalanan wisata keliling Jakarta juga memberikan informasi mengenai wisata yang dilewati. Informasi tersebut biasanya berupa sejarah tempat yang dilewati hingga hal-hal unik tentang sejarah Jakarta dari tempat-tempat yang dilintasi bus wisata tingkat ini. Namun, untuk wisata tempat -tempat ikonik seperi ini biasanya hanya berlaku pada saat hari libur saja dan pada hari kerja hanya beberapa tempat saja yang dikunjungi.

Bus ini beroperasi setiap hari mulai dari hari Senin hingga Minggu. Akses menuju kesana juga sangat mudah, dari Kota Tua Jakarta atau Stasiun Kota Jakarta anda hanya perlu berjalan kurang lebih 2 menit kearah Pool bus berwarna biru bertuliskan Trans Jakarta atau dapat menunggu datangnya bus wisata pada papan bertuliskan city tour disetiap tempat pemberhentian bus tertentu. Jam operasinya mulai pukul 10.00 pagi hingga 18.00 malam atau jam operasi bisa bertambah bahkan hingga pukul 21.00 malam jika banyak pengunjung datang pada hari libur tiba. Namun, anda perlu menanyakan terlebih dahulu lokasi mana yang akan anda tuju selama ingin berkeliling Jakarta, dikarenakan beberapa bus wisata tidak melakukan jam penuh pada setiap perjalanan. Anda dapat bertanya kepada petugas guna memastikan perjalanan anda nyaman dan aman selama berkeliling Jakarta dan semua perjalana tersebut tidak mengenakan biaya alias Gratis bagi siapa saja. Petugas akan memberikan tiket perjalanan setiap anda menggunakan bus wisata ini.

Dilansir dari laman salah satu situs travel Sebenarnya bus tingkat sudah pernah ada di Jakarta sebelumnya, namun fungsinya bukanlah sebagai bus wisata, melainkan sebagai angkutan umum. Tahun 2014, tepatnya bulan Februari, bus tingkat ini dioperasikan kembali dan hadir dengan kondisi yang lebih menarik, namun fungsinya khusus untuk wisata keliling Jakarta saja. Selain itu, Bus yang sebelumnya bernama wisata, atau lebih dikenal dengan nama ‘Mpok Siti,’ merupakan fasilitas publik berupa bus tingkat. Bus ini disediakan oleh pemerintah provinsi DKI Jakarta untuk berwisata secara gratis melewati tempat-tempat khas yang menjadi simbol Kota Jakarta.
Nah sekarang tinggal anda menentukan rencana liburan anda untuk keliling Jakarta dengan bus tingkat yang menarik untuk dicoba. Anda dapat serta mengajak keluarga, saudara, maupun teman anda untuk menikmati layanan bus keliling Jakarta ini. Selain anda bisa menikmati waktu liburan anda juga dapat pengetahuan baru tentang sejarah dan wisata di Jakarta. Menarik bukan? (Tim)
sumber :Jakartatraveller