Cara Mengatasi USB Flashdisk Tidak Terdeteksi di Windows

pic01

Teropongpost, Tangsel,-Windows 7 acap kali sering mulai bermasalah mendeteksi USB Flashdisk yang biasa dipakai. Awalnya dengan asumsi Flashdisknya yang bermasalah, tetapi ketika di coba di komputer lain ternyata bisa. Berarti Windows-nya yang bermasalah. Ingat dulu pernah menulis tentang hal ini, maka saya coba tips-tipsnya sampai tips baru sehingga berhasil terdeteksi. Kejadian USB Flashdisk tidak terdeteksi mungkin pernah kita alami, mulai dari masalah sederhana sampai karena kerusakan perangkat USB-nya sendiri. Jika mengalami hal ini, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan :
• Jika ada komputer/laptop lainnya, silahkan dicoba di komputer tersebut, untuk memastikan bahwa USB Flashdisk memang masih bisa terdeteksi dan digunakan. Jika di komputer lain terdeteksi, bisa dicoba diformat terlebih dahulu (AMANKAN /PINDAH DATA-NYA TERLEBIH DAHULU…!!!)
• Melalui Device Manager (klik kanan My Computer, pilih Properties dan pilih Devide Manager), uninstall driver USB atau bagian USB yang bertanda kuning/peringatan jika ada (klik kanan dan pilih Uninstall). Kemudian lepas USB dan pasang kembali, tunggu Windows menginstall driver baru.
• Jika USB Flashdisknya mempunyai driver sendiri, install ulang driver tersebut
• Buka Disk/Computer Management, melalui klik kanan My Computer, pilih menu Manage. Penjelasannya di tulisan bagian bawah/setelah ini
• Ikuti langkah-langkah yang ada (dengan hati-hati) di sini: USB Flash drive (Flashdisk) tiba-tiba tidak terdeteksi/error
Karena USB Flashdisk masih terdeteksi di komputer lain, maka yakin bahwa Windows 7 yang bermasalah. Awalnya driver di bagian Device Manager terlihat ada tanda kuning (warning). Setelah di uninstall, driver mendeteksi USB sebagai perangkat yang lain, setelah itu, di Windows Explorer tidak pernah muncul drive USB lagi.
pic 1
Cara melalui Computer Management adalah solusi lainnya. (Klik kanan My Computer dan pilih menu Manage). Melalui Computer Management, di bagian Storage > Disk Management, masih terlihat adanya Removable Disk dengan ukuran 3.76 GB. Berarti ini sebenarnya Flashdisk masih terdeteksi windows. Selanjutnya pastikan bahwa status Disk ini “Online”. Jika statusnya “Offline” silahkan klik kanan dan pilih menu Online. Jika statusnya sudah online, tetapi disk ini tidak terdeteksi di Windows Explorer, maka klik kanan dan pilih menu “Change Drive Letter and Path”. Setelah terbuka dan masih kosong, klik saja tombol “Add” untuk menambahkan huruf yang akan menjadi Drive yang bisa di akses di Windows Explorer. Kita juga bisa mengubah drive letter ini ketika drive USB ini sudah digunakan oleh perangkat yang lainnya, sehingga ada konflik nama drive yang digunakan. Akhirnya dengan cara tersebut, USB Flashdisk bisa kembali terdeteksi di Windows Explorer dan bisa digunakan kembali.(HR)