Dalam Rangka Memperingati Hari Pahlawan Astrabi Gelar Festival Silat Betawi 2019

Teropongpost, Jakarta, –Minggu, 10 November 2019. Dalam menyambut Hari Pahlawan (10 November) Asosiasi Seni Tradisi Betawi Indonesia (Astrabi) berkerja sama dengan Kayana Group dan Persatuan Putra Wilayah Papanggo, adakan Festival Silat Betawi 2019 yang bertemakan “Lestarikan Budaya Betawi dari Tradisi Menuju Prestasi”. Dengan memperebutkan Piala bergilir Walikota Jakarta Utara yang dirangkai dalam acara pagelaran kesenian terpilih tingkat Kota Administrasi Jakarta Utara 2019. Diadakan di Jl. Danau Bisma, Danau Cincin, Kelurahan Papanggo, Jakarta Utara.

Festival tersebut dihadiri oleh para sesepuh dari berbagai Perguruan Pencak Silat, terlihat pula Ki Daus yang merupakan artis komedian turut hadir dalam acara tersebut. Serta ada sekitar 50 orang peserta yang mengikuti perebutan Piala Walikota Jakarta Utara ini.

Dalam sambutannya Anwar Al Batawi selaku Ketua umum Astrabi pun menjelaskan bahwa, jika suatu saat nanti Silat Indonesia dapat menjadi mercusuar di Dunia. Serta bulan Desember mendatang silat akan ditetapkan sebagai sebuah Kekayaan Leluhur Bangsa Indonesia. Apa yang sudah dilakukan semua ini adalah berkat dorongan dar Gubernur DKI Jakarta, sehingga kedepan Silat Betawi jadi muatan Lokal di Jakarta.

“Semoga para peserta dapat menunjukkan Karya-karya dari Perguruan masing-masing. Sehingga dapat perhatian lebih dari Gubernur, agar para Guru dan Sesepuh pun mendapatkan kesejahteraan. Serta Gubernur akan bangga Silat Betawi ini tampil di Kancah Internasional.” Terangnya

Saat ditemui oleh Tim Ki Daus mengatakan bahwa, kebudayaan Betawi ini memiliki ciri khas sendiri, baik dari makanannya maupun silatnya sendiri. Ia sangat mengapresiasi Astrabi dapat mengadakan acara seperti ini.
“Kita sangat bersyukur karena Bang Anwar Al Batawi mau membantu dan mendorong Kebudayaan Silat Betawi. Insyaallah kita akan dapat mendunia kedepannya nanti, Amiin.” Ungkapnya

“Apa yang kita lakukan ini adalah sebuah perjuangan, tentunya dalam perjuangan banyak hambatan, tetapi hambatan itu jangan sampai menjadikan kita orang yang kerdil. Kita yakin suatu saat Silat akan jadi mercusuar di dunia,” Pungkas Anwar Al-batawi. (Agus)

Leave a Reply

Your email address will not be published.