DIDUGA DOKUMEN SILUMAN RUMAH SAKIT DAERAH KOTA TANGERANG SELATAN MASUK KEMENTRIAN KESEHATAN, DINAS KESEHATAN TANGSEL KHILAF

Teropongpost, Tangsel – Sebagai tujuan utama adanya Rumah Sakit Daerah, pada umunya sebagai penunjang pelayanan kesehatan bagi masyarakat di daerah. Dengan adanya Undang – undang Rumah Sakit Nomor 44 Tahun 2009, Pasal 2, Rumah Sakit diselenggarakan berasaskan Pancasila dan didasarkan kepada nilai kemanusiaan, etika dan profesionalitas, manfaat, keadilan, persamaan hak dan anti diskriminasi, pemerataan, perlindungan dan keselamatan pasien, serta mempunyai fungsi sosial.

Dikatakan layaknya sebagai Rumah Sakit Daerah ditentukan dari alat – alat kesehatan, tenaga medis yang profesianal dan infrastruktur yang menunjang berdirinya suatu Rumah sakit di daerah tersebut sesuai ketentuan peraturan Perundang – undangan yang beralaku. Pastinya dalam menunjang kelayakan tersebut membutuhkan dana segar dari Pemerintah Daerah (Pemda), tapi apa jadinya kalau kelayakan Rumah Sakit Daerah tidak menunjang dan memaksakan serta tidak adanya pengawasan dari Dinas terkait dengan kelayakan Rumah Sakit Daerah.

Tepatnya di Kota Tangerang Selatan, Rumah Sakit Daerah Kota Tangerang Selatan yang sudah tiga tahun berdiri di Kota Tangerang Selatan masih belum di katakana layaknya sebagai Rumah Sakit Daerah mengingat dari alat – alat kesehatan, tenaga medis serta fasilitas dan infrastruktur rumah sakit masih kurang memadai. Sesuai dengan Undang – undang Rumah Sakit Nomor 44 Tahun 2009, Pasal 7 ayat 3, Rumah sakit yang didirikan oleh Pemerintah dan Pemerintah Daerah sebagaimana dimaksud pada ayat (2) harus berbentuk Unit Pelaksana Teknis dari Instansi yang bertugas di bidang kesehatan, Instansi tertentu, atau Lembaga Teknis Daerah dengan pengelolaan Badan Layanan Umum atau Badan Layanan Umum Daerah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Dari aturan tersebut saja bisa dilihat apakah layak Rumah Sakit Daerah Kota Tangerang Selatan sesuai dengan ketentuan Undang – undang Rumah Sakit.

Dengan ditemukannya daftar Kriteria Rumah Sakit Daerah Kota Tangerang Selatan yang didaftarkan oleh Rumah Sakit Daerah Kota Tangerang Selatan ke Departemen Kesehatan dengan Data, View record ( NO : 1566 : http://sirs.buk.depkes.go.id/rsonline/data_view.php?editid1=1566 ) Menunjukan data tersebut diduga “FIKTIF” serta terkamuflase secara terstruktur dan sistematis. Kuat Dugaan bahwa data yang dikirim ke departemen Kesehatan adalah “DATA SILUMAN”, setelah ditemukanya oleh TIM TP berkaitan Daftar Dokter Spesialis yang ada di Rumah Sakit Daerah Kota Tangerang Selatan tidak sesuai yang dilaporkan oleh Rumah sakit ke Departemen Kesehatan selain itu juga Rumah Sakit Daerah Kota Tangerang Selatan belum mempunyai IGD akan tetapi dilaporkan sudah mempunyai IGD, ini menunjukkan Rumah Sakit Daerah Kota Tangerang Selatan memalsukan data yang sebenar – benarnya untuk semata – mata mendapatkan penilain dan kelayakan Rumah sakit Daerah.

Saat dikonfirmasikan oleh Tim TP (9/03) dilantai Lima Rumah Sakit Daerah Kota Tangerang Selatan Tri Utami sebagai Kabid Yanmed angkat bicara Soal status Rumah Sakit Daerah Kota Tangerang Selatan, “Rumah Sakit ini dari awal sudah SKPD tersendiri”, ucapnya. Bagaimana dikatakan rumah sakit ini SKPD tersendiri sedangkan status dari Rumah Sakit tersebut belum jelas. Ditemui ditempat yang bebeda di kawasan Universitas Islam Negeri Ciputat (18/03), Kepala Dinas Kesehatan, Drs. Suharno saat dikonfirmasi mengatakan bahwa “Rumah Sakit Daerah belum berstatus BLU”, ungkapnya.
Terkait dari pembelanjaan yang sudah di rencanakan oleh Rumah Sakit Daerah Kota Tangerang Selatan tersendiri Sudah dianggarkan, padahal Rumah Sakit tersebut belum berstatus BLU dengan hal tersebut diduga menyalahi aturan.

Kurangnya pengawasan dari Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan menjadi salah satu faktor masuknya dokumen “SILUMAN” yang dimasukan Rumah Sakit Daerah Kota Tangerang Selatan ke Departemen Kesehatan, padahal Dinas Kesehatan sebagai Dinas yang terkait dengan masalah Rumah Sakit khususnya sebagai fungsi kontrol dan pembinaan harusnya melakukan tugas dan fungsinya. Dengan masuknya dokumen “SILUMAN” ke Departemen Kesehatan di duga dalam penyelengaraan pembelanjaan Rumah Sakit dapat merugikan daerah. Sampai berita ini diturunkan Kepala Rumah Sakit Daerah Kota Tangerang Selatan belum bisa dikonfirmasi karena sedang melaksanakan Cuti. (0150004/0150012)

Baca Berita lanjutan………………………………………