Dispora Terapkan Pola Kolaborasi Untuk Pengembangan Pemuda Dan Olahraga Di Tangsel

Teropongpost,Tangsel-Diawal Tahun 2017, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang Selatan tengah berbenah untuk merealisasikan program-program dan visi misi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Tangerang Selatan 2016-2021, untuk itu, Teddy Meiyadi selaku Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Dispora, menekankan pola kolaborasi sebagai terobosan, dalam melaksanakan stiap program Pemerintah Kota dalm Bidang Kepemudaan dan Olahraga.

Sebagaimana di sampaikan oleh Teddy kepada Teropongpost.com, di kantor Dispora Tangsel, Jl. Pahlawan Seribu serpong (06/02), selain program-program tahunan yang telah rutin dilaksanakan, kedepannya pola kolaborasi antara stakeholder terkait ini akan lebih dikembangkan, guna memaksimalkan dalam pengembangan kepemudaan dan olahraga di Kota tangerang selatan.

“Untuk tahun ini Kita sudah membuat time table yang dilaksanakan secara harian, terkait program yang bersifat rutin, dikendalikan oleh para kepala bidang dan dalam pengguanaan anggarannya diawasi dan dipantau oleh pengguna anggaran, seperti pemeliharaan sarana dan prasarana olah raga di stiap wilayah, yang digunakan oleh masyarakat.” ujar Teddy.

Kemudian ia melanjutkan, perihal terobosan yang akan dibuat di Dispora Tangsel.

“Adapun trobosan dan konsep yang akan saya terapkan disini ialah Pola Kolaborasi dalam pelaksanaan setiap program, menurut saya ini belum tersentuh, dimana keikutsertaan, masyarakat, dunia usaha, dan perguruan tinggi dalam pembinaan kepemudaan dan olahraga, pemkot melalui program APBD saling sahring untuk mengembangkan kepemudaan dan olahraga di Kota Tangsel, ini sangat penting untuk mempercepat realisasi program-program yang direncanakan.” Tukasnya.

Kolaborasi ini merupakan sebuah hal penting menurut Teddy, karena dengan bekerjasama dengan unsur-unsur dan pemangku kepentingan lain di luar Pemerintah Kota, maka setiap target dan sasaran dari program yang akan dijalankan jadi lebih jelas dan dapat lebih mudah dalam pencapaiannya.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Program, Evaluasi dan Pelaporan Dispora Tangsel Sapta Mulyana menyampaikan hal senada, kepada teropongpost.com dia mengatakan bahwa
“Kita akan lebih meningkatkan dan memaksimalkan lagi kegiatan dan program sebagaimana Dispora ini merupakan perangkat daerah yang mewadahi bidang kepemudaan dan olahraga, dengan bekerjasam dengan stakeholder lain baik internal dan eksternal, mengingat potensi tangsel yang sangat luar biasa, menurut saya sudah merupakan keharusan untuk dispora bisa berperan lebih lagi dalam bidang ini.” tutur Sapta.

Apa yang telah dipaparkan oleh Dispora Kota Tangerang Selatan dalam hal program kerja di Tahun 2017 ini, mendapat sambutan baik dari Maulana (28), yang merupakan salah seorang alumni salah satu Perguruan tinggi di kota Tangsel.

“Menurut saya itu sangat bagus, jika dapat terealisasi dengan baik, karena ya sepenglihatan saya selama ini para akademisi memang kurang dilibatkan dalam hal pembangunan, ataupun kegiatan pelaksaan program pemerintah, tentu saja pola kolaborasi seperti ini bisa dijadikan sebagai wadah dari sikap kritis mahasiswa yang lebih positif, sehingga para pemuda dapat lebih berkreasi dan berperan untuk pembangunan di daerah.” pungkas Maulana.(KIB)