“Gagas Perda Penanggulangan Bencana Kebakaran” DamKar Tangsel

Teropongpost, Tangsel,-Kantor Pemadam Kebakaran Kota Tangerang Selatan saat ini sedang giatnya optimalkan pelayanan kepada masyarakat, latihan demi latihan di berikan kepada personil Damkar yang berjumlah 81 orang beberapa Posko WMK ( Wilayah Manajemen Kebakaran).

“Sudah mulai dibentuk di beberapa wilayah dari 7 kecamatan se-Kota Tangerang Selatan, dan, saat ini kami sedang menyusun naskah akademik bahan Prolegda untuk Raperda Penanggulangan Bencana Kebakaran” ujar Subiantoro Ka.Tata Usaha Damkar , saat dikunjungi wartawan TP, dikantornya beberapa waktu lalu. Sebelumnya, Subiantoro mengatakan bahwa Kepala Kantor Damkar Agus Budi Darmawan sedang rapat ,dan dirinya siap memberikan keterangan sesuai yang diminta pers, ujarnya lagi.

Dalam kesempatan itu, Subiantoro menerangkan hingga saat ini, hingga saat ini jumlah PNS di kantor Damkar berjumlah 11 orang dengan honorer 16 orang dan personil lapangan 81 orang.Selain target memiliki Posko di 7 kecamatan beserta sektor-sektornya untuk menjamin penanggulangan kebakaran, saat ini Posko Damkar baru dua unit saja ,1 kantor pusat di serpong utara, satunya lagi disamping plaza bintaro dan kedepan, pembangunan Posko Damkar akan segera dibangun di wilayah kecamatan lainnya sesuai persetujuan Walikota.

Selain mengikuti lomba dan kegiatan pelatihan Kebakaran lainnya Damkar Tangsel juga sedang mempersiapkan kegiatan lain yang berkaitan dengan Damkar tingkat Provinsi dan Nasional, dirinya malah mempersilahkan rekan wartawan untuk meliput kegiatan tersebut, tuturnya lagi.

Dalam keterangan pers-nya dalam setiap kesempatan, Agus Budi Darmawan, Kepala kantor Damkat kota Tangsel, memang mengatakan .sesuai Perda RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Tangerang Selatan yang memiliki luas 147, 9 Kilometer harus memiliki 21 unit Mobil Pemadam Kebakaran dengan perhitungan setiap 7. 5 Kilometer akan dijaga oleh 1 unit Pemadam Kebakaran.Saat ini unit yang ada berjumlah 10 unit kendaraan. Rinciannya, mobil pancar 4 unit, mobil tangki/ water suplai ada 2 unit, mobil komando 1 unit, mobil peralatan 1 unit, mobil rescue 1 unit dan mobil medis 1 unit, dan APBD 2014 penambahan lagi 4 unit, dan secara berkala akan ada penambahan tiap tahunnya untuk melengkapi target RPJMD.

Senada dengan itu pula Subiantoro Ka.TU Damkar Tangsel, malah memproyeksikan , dalam Perda mengenai Damkar , nanti akan ada retribusi yang bakal menambah PAD (Pendapatan Asli Daerah) yakni mengenai kelaikan suatu bangunan, ruko atau gedung dari bahaya kebakaran dan ini akan temasuk dalam persyaratan IMB ( izin mendirikan Bangunan) gedung itu yang dikeluarkan oleh BP2T Tangsel dan terkait dengan retribusi Perda Damkar ,Subiantoro mengatakan hal ini memang kewenangan daerah, dirinya ,malah berharap semua jalan protokol di kota Tangsel yang sudah 4 jalur akan menyediakan jalur khusus untuk digunakan oleh Unit Mobil Damkar. Seumpama jalur BusWay, hingga kecepatan dan akses menuju lokasi kebakaran dapat segera di capai.tutupnya kepada wartawan. (MUL)