Galeri Etnik Nusantara (GENSA) adakan Program Penyuluhan “Koperasi Nasional Galeri Etnik Nusantara dan Bazaar/Kurasi Multiproduk UMKM Indonesia

Teropongpost, Tangsel, – Jumat, 13 September 2019. Bertempat di Mall WTC Matahari Serpong Tangerang Selatan. Galeri Etnik Nusantara (GENSA) mengadakan Program Penyuluhan “Koperasi Nasional Galeri Etnik Nusantara dan Bazaar/Kurasi Multiproduk UMKM Indonesia.
Acara tersebut dihadiri oleh Asdep Penyuluhan Kemenkop RI, Perwakilan dari Dinkop dan UKM Tangsel Ibu Nurhayati, dan Para Dosen Universitas Negeri Pamulang dan UMKM.

Setelah adanya Opening Ceremony tanggal 17 Juli yang lalu, GENSA sudah menjadi salahsatu Lembaga yang diterima oleh masyarakat maupun Pemda. GENSA sendiri memiliki Program Jangka Pendek yang salahsatunya adalah membina UMKM dan IKM agar memiliki sebuah Kedai kecil atau Gerai-gerai kecil untuk Usaha yang dimiliki oleh mereka sehingga menjadi sebuah Ekonomi Kerakyatan. Dan tersebar diberbagai Propinsi yang tergabung didalamnya.

“Kami ingin membina produk unggulan dari suatu daerah yang sebenarnya memiliki potensi besar, tetapi selama ini tidak terangkat kepermukaan. Kamipun dengan PT Mitra Dinamika Sejahtera, sekarang sudah mulai mensosialisasikan program Sosial seperti Limbah Rumah yang ada untuk lebih bisa berdaya jual dan berdaya saing yang tinggi.” Ujar Ibu Rachelthera Triyati sebagai Direktur GENSA

Dengan adanya Swadaya Masyarakat yang berkerjasama dengan RT dan RW setempat, serta berkoordinasi dengan GENSA untuk menciptakan suatu Program Destinasi tempat kedepannya dapat menjadi objek wisata dan objek tempat pusatnya suatu kerajinan dari semua UMKM dan IKM yang ada.
Dengan harapan BUMN atau Stakeholder yang membutuhkan tempat Mitra usaha kerja, salahsatunya cukup dengan media GENSA saja.

Dan Program Jangka Panjang GENSA pun sudah menyusun dengan beberapa investor dari dalam negeri maupun luar negeri, untuk merambah ke penyediaan material seperti pertanian, perkebunan, dan peternakan yang bersinergi dengan Kementerian terkait.
“Jadi ada beberapa pertanyaan seperti 2 bulan ini kita sudah melakukan apa saja, selama 2 bulan ini kami menyusun himbauan dari BUMN untuk menjadi Koperasi Nasional. Dimana GENSA ini diharapkan dapat menjadi Koperasi Nasional yang mendampingi, membina, dan mengamodasi pemasaran yang dipayungi oleh Kemenkop RI.” Jelasnya

Maka dari itu GENSA hari inipun mengadakan sosialisasi kepada UMKM dan IKM yang ada.
“Harapan saya semoga semua baik buat langkah kedepan baik dalam hal pembinaan, pemasaran, dan peningkatan perekonomian kerakyatan secara berkesinambungan. Lebih baik ada sedikit UMKM dan IKM yang ada tetapi mau maju bersama dengan kami, dan menjadikan Produk Indonesia dikenal oleh Dunia”. Pungkasnya (Tini/Arga)