Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Aktivis Lingkungan Lakukan Aksi Damai dan Bagi-bagi bunga

Teropongpost, Tangsel – Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day diperingati setiap tahunnya pada 5 Juni, tanggal tersebut ditetapkan oleh Majelis Umum PBB sebagai instrument yang penting untuk mengingatkan tentang perlunya kesadaran menjaga kelestarian lingkungan hidup. Setiap tahun Hari Lingkungan Hidup selalu dimanfaatkan oleh masyarakat internasional untuk turut serta dalam aksi Global yang menyuarakan proteksi terhadap kelestarian lingkungan dan penggunaan sumber daya alam yang berkelanjutan. Momentum tersebut dimanfaatkan oleh Sekber Jeletreng salah satu komunitas yang bergerak di bidang lingkungan hidup yang memfokuskan kegiatannya pada kelestariaan sungai dengan melakukan aksi damai didepan TPA Cipeucang.

Aksi Damai yang dilakukan pada pukul 10.00 WIB tersebut di isi dengan orasi dan aksi bagi bagi bunga kepada para petugas kebersihan yang sedang bertugas di TPA Cipeucang, Orasi tersebut di isi dengan pesan pesan tentang pentingnya menjaga kelestarian dan kebersihan sungai agar tetap terjaga kebersihannya dari sampah, baik sampah yang berasal dari sampah rumah tangga ataupun sampah yang dihasilkan oleh para pelaku usaha.

Selain itu, salah satu orator yang kerap disapa dengan Bang Tanjung juga mengingatkan mengenai perlunya peningkatan kesejahteraan untuk para petugas kebersihan yang sudah bekerja menjaga kebersihan di Kota Tangerang Selatan. “Selama ini para petugas kebersihan belum mendapatkan upah yang layak, oleh sebab itu kami mengingatkan kepada pihak terkait untuk peduli terhadap para petugas kebersihan” Pungkasnya, Jumat (5/6/2020)

Setelah melakukan orasi dan bagi-bagi bunga di depan TPA Cipeucang para peserta aksi damai langsung menuju Gedung DPRD Kota Tangerang Selatan untuk kembali menyampaikan aspirasinya terhadap para wakil rakyat. Kali ini orasi yang disampaikan mengenai usulan draft peraturan daerah mengenai pengelolaan sampah yang dianggap sudah harus direvisi.

Sebelum menyambangi wakil rakyat para peserta aksi damai melakukan aksi longmarch disekitaran Gedung DPRD dengan membentangkan banner yang berisi mengenai kampanye-kampanye terhadap kelestarian lingkungan.

Aksi tersebut sebenarnya merupakan aksi lanjutan atas respon jebolnya turab TPA Cipeucang pada 23 Mei yang menyebabkan tercemarnya sungai Cisadane karena banyak sekali sampah yang masuk kedalam sungai tersebut. ( Iqbal Muhammad Syahid )

Leave a Reply

Your email address will not be published.