Harlah ke-12 Perguruan Pencak Silat Kelabang Putih “Siapkan Wadah Yang Bersih Untuk Menuai Sesuatu Yang Suci”

Teropongpost, Tangsel, – Dalam acara Hari Lahir Pencak Silat Kelabang Putih yang dihadiri oleh Wakil Walikota Tangsel Drs.H.Benyamin Davnie, Camat Ciputat Drs. Andi D Patabai S.Sos, Kadispora Tangerang Selatan E Wiwi Martawijaya, Lurah Ciputat Saiful SE, tokoh masyarakat H. Muhammad Zainudin Mz (Memeh), serta Rt/Rw, tokoh agama sekecamatan Ciputat, acara tersebut di laksanakan pada hari sabtu, 16/03/2019.

Dalam sambutan Wakil Walikota H.Benyamin Davnie Mengatakan bahwa, “saya menghadiri acara ini bukan karena undangan Dinas tetapi karena yang mengundang acara masih saudara saya dan saya teraspirasi karena seni Pencak Silat ini usianya sudah 12 tahun bukan waktu yang pendek untuk sebuah perguruan Pencak Silat ditengah peradaban modern untuk bertahan, Kelabang Putih salah satu yang berhasil mempertahankannya, makanya saya memberikan apresiasi dalam kesempatan yang baik ini. Kelabang Putih agar bisa memperluas jangkauannya dan murid-muridnya,” ujarnya.

Kepala Dispora Tangerang Selatan, E Wiwi Martawijaya dalam sambutannya mengatakan, “Saya salut dan bangga kepada Pencak Silat Kelabang Putih ini, yang kadang-kadang cuma sebentar saja usianya tapi ini sudah ke 12 tahun masih bisa berjaya, masih exis dan masih bisa mempertahankan seni budaya Pencak Silat ini. Harus kita maknai bahwa memang Pencak Silat adalah sensi budaya yang sudah menjadi darah daging kita di Tangerang Selatan. Aliran Pencak Silat di Banten yang paling komplit ada di Tangerang Selatan dan di Tangerang Selatan juga gudang Pencak Silat yang harus kita Syukuri. Untuk itu Kelabang Putih harus bisa mempertahankan, melestarikan Seni Budaya Pencak Silat kita agar bisa menjadi contoh untuk perguruan Pencak Silat yang lainnya, ” tutup Wiwi.

Begitu juga harapan Camat Ciputat Andi D Patabai, “Seni Pencak Silat Kelabang Putih agar Bisa melatih anggota saya Satpol PP yang mana mereka belum punya bekal beladiri dan saya berharap tiap hari jum’at kita bisa adakan latihan rutin di kecamatan,” ungkapnya.

H. Zainudin(memeh) selaku tokoh masyarakat beliau mengatakan pada awak media meminta pencak silat yang asli lahir dari kesenian Indonesia harus di pertahankan dan juga harus di kembangkan di sekolah-sekolah, dan Beliau pada tanggal 27/02/2019 lalu di kukuhkan menjadi ketua umum Kepala Sekolah se-Provinsi Banten.

Dalam kesempatan terpisah Ketua umum Kelabang Putih Faisal Hadi berkata, “Saya berharap kepada anak-anak didik kami untuk selalu menjaga semangat dan juga menjadikan wadah yang bersih dan suci terutama kita tingkatkan mental mereka dan kita pertahankan seni budaya yang telah di tinggalkan oleh leluhur kita jangan sampai ternoda oleh perbuatan yang tidak baik,” tutupnya.

Dalam acara tersebut juga ada pemberian Santunan kepada anak yatim-piatu, untuk sekitar 30 orang anak yang diserahkan oleh Ketua Umum Faisal Hadi dan semoga santunan ini bisa bermanfaat untuk anak yatim-piatu.(Tini/Arga)