HILANGNYA PENANAMAN KACANG TANAH KARENA, HILANGNYA HARGA JUAL

Teropongpost.Palembang– Kacang tanah banyak dibudidayakan di Indonesia dan merupakan kacang terpenting kedua setelah kacang kedelai di beberapa daerah di Indonesia. kacang tanah mempunyai arti yang strategis karena menyediakan kebutuhan esensial bagi kehidupan sebagai bahan pangan serta sumber protein nabati yang sangat dibutuhkan.

Namun kenyataanya sekarang banyak petani yang berpindah dari perkebunan kacang tanah ke perkebunan yang lainnya. Alasan petani karena pemasarannya susah, dan harga tidak sesuai dengan modal awal yang digunakan oleh petani karna banyak resikonya ketika terendam air pasti kacang tanah akan busuk apalagi sekarang musim hujan.

“Kami menanam kacang tanah ini hanya untuk kebutuhan sehari-hari tapi tidak dijual, soalnya harganya tidak sesuai dengan modalnya. Apalagi resikonya juga kalu musim hujan, dan Sekarang aja harga kacang tanah cuma 7000, 1 kg. Pengennya sih ada perhatian dan solusi dari pemerintah terkait pertanian kacang tanah ini supaya petani mau menanam kacang tanah dan mudah untuk pemasarkannya.” Ujar Ibu Eka pemilik kebun kacang tanah.

Untuk itu maka pengembangan kacang tanah harus terus diupayakan dan ditingkatkan pemasarannya guna memenuhi kebutuhan tersebut. selain itu kacang tanah bisa meningkatkan pendapatan petani Khususnya Desa Gantiwarno Kab. Ogan Komering Ulu (OKU) timur dan dapat menggerakkan kegiatan perekonomian di wilayah pedesaan lainnya. Upaya-upaya pengembangan kacang tanah dilakukan melalui peningkatan luas areal tanam, panen dan produktifitas, nilai tambah dan daya saing.

kacang tanah memiliki beberapa manfaat diantaranya membantu meningkatkan kesuburan, membantu dalam peraturan gula darah, membantu mencegah batu empedu, membantu fight depresi, memori meningkatkan power, membantu tingkat kolesterol rendah dan menurunkan resiko penyakit jantung.

“Kami menekuni tanam kacang tanah ini sudah lama, ya salah satunya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. jika harganya sudah stabil seperti dulu mungkin kami bisa kembali menanam kacang tanah yng lebih banyak lagi. Untuk manfaatnya sih bagus untuk membantu dalam peraturan gula darah.” Ungkap Ibu Eka

Kebutuhan kacang tanah akan semakin meningkat sejalan dengan pertambahan jumlah penduduk dan berkembangnya industri pangan. Disisi lain produksi kacang tanah yang dihasilkan belum dapat memenuhi kebutuhan tersebut. untuk itu pemerintah harus memperhatikan persoalan keluh kesah yang dihadapi oleh petani kacang tanah.(Maulana)