Hujan Lebat Sepanjang Sore Sebabkan Beberapa Pohon di Setu Gintung Tumbang

Teropongpost, Tangsel, – Kamis, 13 Desember 2018 lalu. Hujan deras disertai angin kencang menerjang wilayah Setu Gintung, tepatnya di Desa Cirendeu, Kecamatan Ciputat. Yang terjadi pada sore hari menjelang Maghrib. Akibatnya, beberapa pohon yang berada sepanjang jalan di Daerah Setu Gintung tumbang sehingga reruntuhan pohon menutupi jalan. Kejadian ini sempat membuat panik warga setempat karena hujan deras disertai Angin kencang baru pertama kali ini terjadi.

Supriati salah satu warga setempat mengatakan pada saat hujan deras disertai angin kencang berlangsung sekitar satu setengah jam. Reruntuhan pohon yang tumbang juga sempat menutupi jalan umum yang biasa digunakan oleh warga dalam melakukan aktivitasnya, sehingga lalu lalang warga sempat terhambat karena pohon yang menutupi bagian jalan.

“Saya bersama tiga mahasiswa UMJ berada diwarung saat hujan deras disertai angin kencang tersebut tetapi tidak sempat menyaksikan pohon tumbang itu, setelah hujan redah kami baru menyadari bahwa ada beberapa pohon yang tumbang”. Jelasnya.

Setelah hujan redah warga setempat bergotong royong membersihkan pohon-pohon tumbang yang menghalangi sepanjang jalan agar dapat di lalui warga dan Mahasiswa/i yang lalu lalang melewati jalan tersebut. Selain membuat pohon-pohon tumbang hujan deras yang disertai angin kencang tersebut juga membuat atap Musollah yang sedang direnovasi terangkat dan membasahi lantai musollah.

Supriyanto selaku ketua RT 03 juga mengatakan bahwa, dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa, di bedungan situ gintung pun tidak ada masalah, hanya ada 4 pohon yang tumbang sehingga sempat menghambat aktivitas warga yang berada di jalan tersebut.
“Saya bersama warga berinisiatif membersihkan pohon-pohon yang tumbang di jalan, selepas Magrib jalan dapat di lalui, yang sebelumnya terhalang dengan pohon tumbang” jelasnya.

Warga setempat mengharapkan pohon-pohon yang besar, rantingnya dirapihkan agar tidak membahayakan warga dan pengguna jalan yang berlalu lalang. Belum ada laporan tentang adanya korban ketika beberapa pohon di daerah tersebut tumbang, untungnya beberapa warga sudah mengantisipasi dengan memotong beberapa ranting pohon yang sudah terlalu lebat dan panjang. Selain itu tidak ada kerusakan pada bendungan situ gintung sehingga warga setempat merasa tenang karena takut akan kemungkinan terulangnya kejadian jebolnya bendungan Setu Gintung (27/03/09) yang lalu.(Tim)