KECELAKAAN TUNGGAL PACUAN KUDA PAMULANG, PENERANGAN JALAN MENJADI PERHATIAN KHUSUS PEMERINTAH KOTA TANGERANG SELATAN

TeropongPost, Tangsel – lagi lagi terjadi kecelakaan di Pacuan Kuda (4/03/2015) pada pukul 20.00 WIB yang mengakibatkan terjadi kemacetan panjang dari arah pamulang menuju ciputat, di karnakan warga sekitar pacuan kuda dan pengendara yang lain berhenti dan mengerumuni si korban yang belum di ketahui identitasnya itu, tergeletak tak berdaya di pinggir jalan tersebut. lebih teragisnya lagi si korban mengalami patah kaki kanan dan pendarahan di bagian kepala sebab korban tidak menggunakan helm saat berkendara hingga kepalanya terbentur pada saat jatuh.

Padahal seperti diketahui bersama bahwa meggunakan pelindung kepala sewaktu berkendara adalah hal yang wajib karna hal itu telah di atur dalam Undang – undang lalu lintas Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 27 ayat (2) dan pasal 106 ayat (8) memberlakukan untuk menggunakan helm SNI (bukan Helm Catok) untuk pengendara atau penumpang yang di bonceng di wajibkan menggunakan Helm SNI, sanksi bagi pelanggar yang tidak menggunakan Helm SNI. Pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp. 250.000. Menggunakan helm merupakan satu kesatuan dalam berlalu lintas terutama bagi pengendara yang menggunakan kendaraan beroda dua.

Menurut Tores saksi mata yang pada saat itu berada di TKP atau melihat langsung kejadian itu dan sempat menanyakan kepada korban sebab dari kecelakaan yang di alaminya “Korban melaju dengan kecepatan tinggi kira kira 60 km/jam, ada seorang anak kecil yang menyeberangi jalan namun korban tidak melihatnya dari jarak jauh dengan jelas karena kondisi jalan pada saat itu gelap, sehingga dia tidak dapat mengendalikan kecepatan kendaraanya dan hal itu membuatnya kaget dan terjatuh” ucapnya. Korban langsung dibawa oleh warga ke Rumah Sakit Sari Asih Ciputat untuk mendapatkan perawatan.

Terlepas dari kejadian yang seringkali terjadi di tempat yang sama, perlu adanya perhatian serius dari instansi Pemerintahan Kota Tangerang Selatan mengenai penerangan lampu jalan. Dalam hal ini adalah jalan pacuan kuda Pamulang yang memang masih minim akan penerangan di tempat itu. Kalau fasilitas jalan yang seperti ini tidak perhatikan dengan cepat oleh Pemerintah Kota Tangerang Selatan terutama yang membidangi penerangan jalan raya maka tidak menutup kemungkinan semakin banyak lagi pengguna jalan raya yang menjadi korban akibat dari kelalaian Pemerintah Kota Tangerang Selatan. (015011)