Kerjasama Operasional PT. Trans 1000 dengan PIGIJO, Pengembangan Wisata dan Kesejahteraan Ekonomi dalam rangka Mewujudkan Kabupaten Kepulauan Seribu Jakarta sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK)

Teropongpost, Jakarta, – Dengan mengacu pada UU RI Nomor 50 Tahun 2011 tentang Rencana Pembangunan Pariwisata Nasional dijelaskan bahwa Kawasan Strategis Pariwisata Nasional fungsi utamanya adalah menjadikan potensi pariwisata mempunyai pengaruh penting dan strategis ke dalam beberapa aspek peningkatan pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan sosial, dan budaya. Disamping pemberdayaan sumber daya alam sebagai daya dukung lingkungan hidup, serta keamanan dan kenyamanan lingkungan.

Kabupaten Kepulauan Seribu yang memiliki kekayaan dan potensi Wisata Bahari, dinilai mampu untuk dapat bersaing dengan potensi Wisata Bahari di kawasan-kawasan lainnya yang berada di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan jumlah kunjungan wisatawan dari tahun ke tahun, diseluruh pulau-pulau tujuan wisata di Kabupaten Kepulauan Seribu Jakarta.

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pariwisata, sudah berkoordinasi dengan Pemerintah DKI Jakarta dan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu beserta jajaran Dinas terkait, bersinergi dan bekerjasama melakukan upaya-upaya untuk mewujudkan Kabupaten Kepulauan Seribu sebagai salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Pertumbuhan dan Peningkatan serta Perkembangan Wisata di Kepulauan Seribu sudah menjadi salah satu destinasi Wisata Bahari di DKI Jakarta, tak lepas dari peran aktif masyarakat setempat yang bekerja keras menjadikan wilayah mereka sebagai tujuan Wisata Bahari bagi para Wisatawan lokal maupun Wisatawan mancanegara.

Dengan menggandeng PIGIJO Profesional Penyelenggara Usaha Wisata yang concern dan berfokus pada pengembangan dan pengelolaan usaha Pariwisata. PT Trans 1000 Jakarta berkomitmen untuk melakukan revitalisasi dan pengelolaan sarana transportasi angkutan laut di Kepulauan Seribu, sehingga dapat melayani Wisatawan maupun masyarakat dengan menyediakan dan mengelola angkutan laut yang Aman, Nyaman, Ter-Integrasi dan Profesional.

Kerjasama antara PIGIJO dan Trans 1000 Jakarta ini, dikarenakan sama-sama memiliki kepedulian terhadap potensi Wisata Bahari Kepulauan Seribu dan potensi sumber daya alam potensial. Berinisiatif untuk berperan aktif mendukung sepenuhnya Program Permerintah Pusat, Program Pemerintah Propinsi DKI Jakarta, serta Program Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu. Dengan membangun Kerjasama Operasional dan ber-sinergi dengan masyarakat pelaku usaha Wisata se-Kabupaten Kepulauan Seribu, Pemerintah Propinsi DKI Jakarta, serta Kementerian Pariwisata maupun Kementerian Perhubungan, untuk segera mewujudkan Percepatan Pembangunan Parwisata Kepulauan Seribu Jakarta.

Tujuan utama dari kerjasama ini adalah demi mewujudkan dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat di Kabupaten Kepulauan Seribu, serta peningkatan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Kepulauan Seribu dan Pendapatan Asli Daerah Propinsi DKI Jakarta.

Ada beberapa poin Pengembangan Pariwisata dan perbaikan sistem angkutan laut yang dilakukan, antara lain :
1. Penggunaan kapal-kapal baru yang memenuhi standard keselamatan, dan keamanan waktu sebagai transportasi laut regular dari daratan Jakarta ke pulau tujuan wisata dan pulau berpenduduk, maupun transportasi laut antar pulau di Kabupaten Kepulauan Seribu.
2.Penambahan jadwal kapal transportasi regular seiring dengan kebutuhan masyarakat dan kebutuhan wisatawan.
3 Menggandeng para pemilik kapal tradisional untuk bekerjasama dan mengalih fungsi-kan kapal tradisional mereka sebagai kapal angkutan barang (cargo).
4. Bekerjasama dengan Pemerintah DKI Jakarta dan Dinas Terkait untuk me-revitalisasi dermaga-dermaga di Kepulauan Seribu dengan fasilitas yang memadai dan memiliki daya dukung untuk lalu lintas kapal angkutan penumpang dan barang.
5. Menyelenggaran dan Menyediakan sistem tiket elektronik (E-Ticket), agar dapat melayani pemesanan dan pembelian tiket secara online agar dapat memberikan kemudahan bagi para calon Wisatawan maupun calon penumpang dan kepastian tempat duduk sesuai keinginan dan rencana perjalanan calon penumpang.
6. Sebagaimana Kesamaan Visi Misi dan Tujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat lokal, PT Trans 1000 Jakarta dan PIGIJO, bersama-sama akan melakukan peningkatan penyediaan dan pelayanan akomodasi dan pengembangan kuliner di pulau-pulau tujuan wisata di Kepulauan Seribu, dengan menggandeng para investor untuk ber-investasi tanpa mengambil alih usaha mereka, tujuan utamanya adalah melakukan perbaikan pelayanan dan kondisi akomodasi dan kuliner serta memberikan pelatihan kepada masyarakat setempat untuk lebih memiliki jiwa Pariwisata dan semangat melayani dengan ramah, bersahabat dan profesional.
7. Melalui kerjasama usaha dengan Para Investor, PT Trans 1000 Jakarta dan PIGIJO akan membangun dan menyediakan serta mengelola sarana sebagai daya tarik dan usaha meningkatkan animo masyarakat maupun calon wisatawan untuk menjadikan Kepulauan Seribu sebagai tujuan utama Wisata.

Adanya kerjasama ini diharapkan potensi Wisata di Kepulauan Seribu dapat tereksplorasi secara maksimal, dengan dukungan sarana yang dapat diandalkan.
Dalam waktu dekat ini PT Trans 1000 dan PIGIJO, berencana untuk mengadakan Promo Sea Trial 1000 pada Bulan Juli mendatang selama sebulan penuh. Dengan mengundang dan mengajak delegasi-delegasi seperti Pers, Organisasi Pemuda dan Kemasyarakatan ditingkat Kelurahan se-DKI Jakarta, influencer di bidang Travel dan Hiburan, serta Komunitas-komunitas Hobby.
Kemudian pada bulan Agustus secara resmi KMP Trans 1000 sudah dapat melayani secara komersil dengan tarif Rp 76.000/penumpang untuk umum/wisatawan, Rp 25.000/penumpang khusus warga Kepulauan Seribu dan Gratis bagi ASN/TNI/Polri yang bertugas di Kepulauan Seribu.(Tini/Arga)