Keunikan dan Keindahan Dataran Tinggi Dieng

           Teropongpost, Wonosobo,-Dieng merupakan nama salah satu daerah yang berada di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Lokasi ini sering diliput media karena adanya aktivitas kawah-kawah vulkanik di Dieng yang mengeluarkan gas CO2 berkonsentrasi tinggi sehingga disebut sebagai daerah berbahaya. Namun daerah ini menyimpan banyak sekali keajaiban alam yang sayang sekali untuk dilewatkan, Terutama bagi Anda yang suka dengan nuansa alam yang eksotis.

          Dieng merupakan dataran tinggi yang berada pada ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut. Ketinggiannya ini mengakibatkan lokasi ini memiliki suhu udara yang cukup dingin bahkan bisa mencapai 0 derajat celcius di pagi hari. Daerah ini merupakan kaldera gunung yang ada di sekitarnya, sehingga pada daerah ini banyak terdapat kawah-kawah yang sebagian di antaranya masih aktif.
Suasana dingin dan kawah-kawah tersebut, Dieng masih banyak menyimpan panorama alam eksotis lainnya, seperti wisata telaga, gua, candi, sumur, dan lokasi pertaniannya.

          Salah satu wisata telaga yang terkenal di Dieng adalah wisata telaga warna. Disebut demikian karena air di telaga ini bisa menghasilkan warna yang berbeda-beda, seperti warna merah, biru, putih, hijau, atau warna lembayung. Panorama yang indah telaga ini bisa menjadi salah satu referensi tempat bagi Anda yang suka fotografi. Selain bentuk kontur telaga yang dikelilingi pegunungan dan warna air telaga yang unik, dapat menjadi sumber yang tepat untuk menghasilkan foto yang bagus. Di sekitar telaga ini juga terdapat gua-gua, seperti gua sumur dan gua jarang.

          Lokasi wisata yang juga wajib dikunjungi adalah wisata candi Dieng, yang merupakan peninggalan kebudayaan Hindu sekitar abad ke-7. Lokasi wisata candi di Dieng ini tidak hanya ada satu, tapi ada beberapa candi yang tersebar, seperti Candi Gatotkaca, Candi Semar, dan Candi Arjuna. Wisata candi ini memang tidak se-fenomenal candi yang sudah kita kenal seperti Borobudur, namun mengelilingi candi seperti ini juga bisa menyajikan keindahan tersendiri. Karena selain bisa melihat candi, kita juga dapat menikmati suasana alam hijau,bersih dan dapat menghirup udara yang sangat sejuk.

          Tempat wisata selanjutnya yang tidak kalah menarik adalah wisata sumur raksasa Jalatunda. Disebut sumur raksasa karena ukurannya yang memang tidak seperti sumur biasa atau bahkan tidak wajar jika dibandingkan dengan sumur biasa. Untuk mencapai sumur ini dibutuhkan sedikit energi ekstra, karena untuk bisa sampai ke sumur tersebut kita harus menaiki sebanyak 257 anak tangga. Di sumur ini terdapat kebiasaan melempar batu kerikil yang menurut mitos jika kita berhasil melampaui target lemparan yang ditetapkan maka kita akan memperoleh keberuntungan.

           Lokasi Dieng bisa menjadi tujuan wisata anda untuk menghilangkan penat dengan aktivitas sehari – hari dan kebisingan Kota. Dieng, selain terkenal dengan tempat wisatanya yang beragam, juga terkenal dengan wilayah pertaniannya sebagai penghasil sayur-mayur. Berbagai jenis sayur dihasilkan dari daerah ini.

Sunrise di dataran tinggi Dieng sangat indah, banyak orang rela berangkat malam atau dini hari ke puncak dataran tinggi Dieng hanya sekedar untuk bisa melihat sunrise, tentunya untuk mengabadikan peristiwa indahnya matahari terbit melalui mata lensa kameranya. [V3/Ridziq-tour leader] 

W 1