Khasiat dan Manfaat Batang Daun Bambu Untuk Kesehatan

Teropong post, Tangsel– Bambu merupakan tumbuhan jenis rumput-rumputan yang mempunyai batang, berongga, dan mempunyai ruas-ruas, serta berakar serabut. Bambu juga mempunyai jenis yang bermacam-macam dan juga sangat banyak memberikan manfaat pada manusia. Dan disetiap daerah di Indonesia bambu mempunyai sebutan nama yang berbeda-beda yaitu bulu, aur, dan eru. Namun bambu mempunyai ranting kecil yang menyatu dengan batang bambu. Bambu juga biasanya di manfaatkan oleh masyarakat pedesaan sebagai sayuran yang biasa kita kenal yaitu sayur rebum.

Manfaat batang pohon bambu

Bambu merupakan sumber bahan bangunan yang dapat di perbaharui dan banyak tersedia di Indonesia. Dari sekitar seribu dua ratus lima pulu (1.250). jenis bambu di dunia,seratus empat pulu (140) jenis atau sebelas persen (11%), adalah spesies asli Indonesia. Orang orang Indonesia sudah lama memanfaatkan bambu untuk bangunan rumah, prabotan, alat pertanian, kerajinan, alat musik, bahkan makanan sampai dengan daun bambu pun mempunyai manfaat dan khasiat yang sangat berguana untuk kesehatan.

Daun bambu berguna untuk kesehatan

Para ahli farmasi menyatakan dalam beberapa penelitian daun bambu diketahui mengandung banyak zat aktif diantaranya flayonoid, polisakarida, klorofil, asam amino, vitamin, mikrolemen dan sebagainya. Daun bambu juga bias menurunkan lemak darah dan kolesterol juga bisa menurunkan oksidasi antioksidan atau radikal bebas sebagai bahan anti penuaan dan juga mampuh menjaga stamina serta mencegah penyakit kardiovaskular demikian.

1. Obat asam urat

Ternyata daun bambu juga mampu mengatasi asam urat caranya itu, ambil beberapa helai daun bambu muda jemur sebentar untuk menghilangkan getahnya dan hilangkan bulu pada daunnya dengan cara menggosok, Selanjutnya daun bambu harus direbus dengan air sebanyak tiga gelas, rebus hingga mendidih dan air nya tersisa dua gelas saja minum dua kali sehari setiap pagi dan soreh.

2. Mengatasi luka pada kulit

Luka pada kulit juga bisa di atasi dengan menggunakan daun bambu. ambil daun bambu muda kemudian di tumbuk atau diblender kemudian cuci luka anda dengan menggunakan air hasil tumbukan daun bambu tersebut.

3. Mengatasi cacing usus

Cacing usus yang menyebabkan berbagai penyakit ternyata bisa di obati dengan daun bambu. Ambil daun bambu kemudian seduh dengan air panas seperti anda menyeduh teh minum dua kali dalam sehari.

Ini merupakan beberapa khasiat dari daun bambu. (salman)