KULIAH KERJA NYATA DAN KONSULTASI HUKUM GRATIS Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Jakarta

kkn2

Teropongpost, Tangsel. Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang telah dilaksanakan sejak tanggal 15 Agustus lalu. Tepatnya di kelurahan Buaran, Serpong Tangsel. Dilihat dari aspek sosial, Masyarakat di Kelurahan yang berbatasan dengan pamulang timur ini cenderung lebih banyak masyarakat urban. Sedangkan dilihat dari segi ekomomi, masyarakatnya sebagian besar dari kalangan menengah kebawah.

“Tujuan dari KKN sebagai pengejawantahan yang disebut Catur Dharma Perguruan Tinggi, diantaranya yakni pertama prinsip Al islam Kemuhammadiyahan, kedua pendidikan dan pembelajaran, penelitian, keempat pengabdian terhadap masyarakat. Ini juga berangkat dari perspektif agama bahwa setiap ilmu harus bermanfaat” terang Rusdi Daud, SH.,MH. Dosen Fakultas Hukum UMJ, juga selaku Ketua Pelaksana KKN FH-UMJ saat di posko KKN, selasa (25/08).

Menurut Rusdi Daud, SH., MH., Tujuan utama dari KKN di Kelurahan Buaran agar masyarakat mengerti dan tahu tentang bagaimana hak-hak dan kewajibannya dalam perspektif hukum terutama di dalam pergaulan masyarakat sehari-hari. Beberapa topik yang disosialisasikan antara lain tentang kepemilikan tanah, tentang Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), tentang narkoba, tentang waris, dan tentang lingkungan. Yakni aspek-aspek yang seringkali terjadi di dalam masyarakat.

Terutama di kelurahan tersebut banyak praktik-praktik “prilaku negativ” terselubung yang tumbuh dan berkembang di lingkungan masyarakat.

“Maka tujuan dari KKN selain menambah wawasan, Mahasiswa dan Dosen mencari tahu terkait prilaku-prilaku yang negative tersebut”, tegas Ketua Pelaksana KKN.
kkn 1
M. Tohir selaku tokoh masyarakat juga Wakil Ketua RT.02 Kelurahan buaran, mengemukakan bahwa:

“dengan adanya seperti ini ya saya sebagai tokoh masyarakat sangat terimakasih, dengan adanya kegiatan ini, masyarakat lebih bisa memahami situasi dunia saat ini, globalisasi bisa dikatakan begitu, kalau bisa lebih ditingkatkan lagi kegiatan seperti ini”, ungkapnya saat menghadiri sosialisasi tentang Narkoba di RT.02 RW.01.

Hukum dapat menyediakan instrumen yang berguna sebagai pedoman bagi perilaku manusia, juga dapat dipaksakan. Dengan jalan ini, hukum dapat memberikan landasan bagi perubahan perilaku yang diperlukan bagi pengembangan masyarakat yang benar-benar berkelanjutan.

“Warga menanggapinya antusias, terutama saya, saya sangat mendukung adanya kegiatan mahasiswa disini, apalagi berkaitan dengan hukum, biar masyarakat bisa lebih tahu tentang hukum”, ungkap Iwan Swandi Ketua RW.02 Kelurahan Buaran.

Selain sebagai wadah untuk pengamalan ilmu dalam masyarakat, kegiatan KKN juga mendukung program pemerintah mengingat terdapat tiga pilar pokok yang mendukung kemampuan suatu bangsa dalam melaksanakan supremasi hukum dan good governance, salah satunya yakni: civil society (masyarakat adab, masyarakat madani, masyarakat sipil). (Muslim)