Mubes Pers Independen Sukses Hadirkan Wartawan Seluruh Indonesia

Jakarta, Teropongpost,- Pertama kali digelar Mubes Pers independen indonesia sukses hadirkan wartawan seluruh indonesia Selasa, 18 Desember 2018. Dalam Musyawarah Besar (MUBES) Pers 2018 yang dihadiri oleh ribuan wartawan dari sabang sampai Merauke, serta tokoh-tokoh pers nasional dari berbagai media di seluruh Indonesia, Sukses diselenggarakan di Gedung Sasono Utomo Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur.

Sekertariat bersama (Sekber) Pers Indonesia selaku pemrakarsa dan penyelenggara acara musyawarah besar pers Indonesia 2018 ini dapat dikatakan berjalan dengan lancar mengingat bahwa musyawarah besar kali ini merupakan yang pertama kalinya diselenggarakan.

Ketua umum persatuan pewarta warga indonesia (PPWI) sekaligus Panitia pelaksana musyawarah besar pers Indonesia 2018, Wilson Lalengke, turut meyambut dan megucapkan selamat datang kepada seluruh insan pers Indonesia yang hadir dalam acara musyawarah besar pers tersebut. Acara tersebut diselenggarakan dengan tujuan untuk menjalin silahturahmi antar sesama wartawan dari berbagai media di seluruh Indonesia. Sekaligus pembentukan dewan independen pers Indonesia, dengan harapan dapat menciptakan dan mewujudkan profesionalisme serta independensi bagi insan pers Indonesia berdasarkan UU No. 40 tahun 1999.

Berdasarkan pantauan teropongpost sejak pukul 10:00 WIB, di lokasi acara sudah ramai di penuhi oleh para wartawan dari berbagai media seluruh indonesia yang melakukan registrasi dan memasuki Gedung Sasono Utomo TMII.

VIDEO LIPUTAN

Dengan mengusung tema satukan persepsi insan pers tanah air, acara tersebut resmi dimulai dengan dibunyikannya gong sebagai pembukaan acara mubes kali ini, oleh Wilson lalengke selaku Ketua pelaksana Mubes Pers indonesia 2018. Wilson Lalengke juga menyampaikan bahwa aspirasi dan tuntutan pers indonesia dimaksudkan untuk kemerdekaan pers indonesia, seperti yang dikatannya di sela sambutannya,

“Bahwa pers indonesia independen untuk mewujudkan kemerdekaan negara dalam pemberdayaan masyarakat pers indonesia”, ujarny. Selain itu alumnus Universitas Riau Pekanbaru ini juga mengusulkan agar setiap masing-masing organisasi dapat membentuk tim formatur dari setiap provinsi dengan penjaringan bertahap dan kemudian akan disebarkan ke organisasi-organisasi pers yang kemudian diusulkan kepada tim formatur yang akan dibentuk dalam musyawarah besar tersebut.

acara dapat dikatakan berjalan cukup lancar namun ada beberapa kekurangan dari panitia yang kurang tertib mengatur peserta mubes yang hadir, kemudian acara diakhiri dengan pemilihan dan pembentukan pengurus Dewan pers independen Indonesia berdasarkan hasil kesepakatan bersama yang diambil dari tiap-tiap perwakilan wartawan provinsi di seluruh Indonesia. (RED)