PASKA PELANTIKAN WAKIL REKTOR UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA

Teropong Post, Jakarta – Di hari keempat paska dilantiknya Wakil Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta beberapa waktu yang lalu, tim Teropongpost menyambangi salah satu Warek yang baru dilantik yakni Bapak A. Kahar Maranjaya.SH, MH., selaku Wakil Rektor satu. Beliau dipercayai untuk kedua kali mengemban tugas sebagai Wakil Rektor Satu Muhamadiyah Jakarta periode 2015-2020. Dalam pemaparannya, Warek Satu ini menjelaskan terkait Visi dan Misi Universitas.

“Saya sebagai Wakil Rektor Satu yang membidangi penjaminan mutu akademik dan pengabdian kepada masyarakat haruslah berorientasi kepada Visi Misi Universitas dan Visi Misi Rektor UMJ. Visi dan Misi Universitas kita ketahui adalah terkemuka, modern dan islami pada tahun 2025” tegas Beliau.

Bukan hanya itu, Warek Satu pun menjelaskan mengenai Visi yang terkemuka ialah dikenal masyarakat secara luas, juga dengan mutu pendidikan baik, kompeten, mempunyai wawasan luas dan harus memenuhi standar Nasional Pendidikan Tinggi.

“Apa yang menyebabkan terkemukanya Visi ialah ditandainya dengan Universitas di kawasan Nasional, di kenal oleh masyarakat secara luas. Semantara itu, UMJ di kenal juga dengan mutu pendidikan yang baik karena Dosen-dosennya berkualitas, kompeten dan mempunnyai wawasan yang luas dalam memberikan pendidikan kepada mahasiwanya, bermanfaat bagi masyarakat dan dunia pendidikan. Untuk mewujudkan itu, menurut hemat saya kita harus memenuhi Standar Nasional Pendidikan Tinggi”, ucap Warek Satu.

Seperti kita ketahui, Standar Pendidikan Tinggi seperti dijelaskan oleh Warek yang baru di lantik itu harus terpenuhinya beberapa kriteria, diantaranya standar kopetensi kelulusan dan mempunyai keterampilan yakni standar kompetensi Misi.

“karena ini amanat undang-undang mengatakan bahawa prodi yang tidak terakreditasi tidak boleh menerima mahasiwa, dan tidak boleh meluluskan mahasiswa, juga tidak boleh mengeluarkan ijazah Prodi tersebut, dan ini saya paham betul kerena saya sebagai orang hukum. Syukur alhamdulillah dari empat puluh empat Prodi yang ada sudah terakreditasi semua, tiga puluh dua memiliki predikat (B) dan empat Prodi memiliki predikat (A), sisanya lagi delapan memiliki predikat (C). Semoga empat bulan kedepan kami akan usahakan dengan badan akreditasi Nasional untuk menaikan lagi, terimakasih kepada masyarakat yang sudah memberikan kami kepercayaan, semoga ini menjadi amanah pengembangan Bangsa dan Negara untuk memajukan generasi penerus bangsa kita”, tutupnya.

Dengan di bentuknya para wakil rektor universitas Muhamadiyah Jakarta, semoga dapat menjalankan tugas sebagaimana mestinya, dapat membangun Universitas Muhammadiyah Jakarta menjadi kampus yang islami modern dan terkemuka, laksana kawah chandra dimuka yang siap bersaing. (A,M.Hanafi )