PELAYANAN KESEHATAN GRATIS BAGI BALITA DIBAWAH USIA LIMA TAHUN, NAMUN SAAT INI MASIH ADA OKNUM PETUGAS KESEHATAN YANG MELAKUKAN PUNGUTAN LIAR.

Tropongpost, Tangsel. Terlihat jelas pungutan yang menarik dari kegiatan Posyandu, dari Dinas Kesehatan yang dijalankan oleh Puskesmas Pondok Ranji. Kamis (19/03) kemaren, pungutan liar (Pungli) terjadi dalam rangka penimbangan berat Bayi dan memantau Gizi Belita diusia dini. Pungutan lagi-pungutan lagi, Masih saja ada oknum petugas kesehatan yang melakukan pungutan.

“ini acara posyandu, ini acara pola dari Dinas kesehatan terus dijalankan oleh Puskesmas. Ini gunanya untuk aa isi kegiatannya itu ya seperti ini penimbangan, meminimalkan berat badan Bayi dan untuk menambah Gizi Belita Bayi dibawah usia lima tahun seperti itu. Aa ini geratis, hanya sukarela dari masyarakat seperti itu. Ia sukarela dari masyarakat”, ungkap Suryaniaga, ptugas pelaksana kegiatan.

Saat ditanya Suryaniaga juga mengungkapkan, dana yang dipakai saat ini itu untuk kader-kader atau untuk kegiatan seperti pemberian makanan tambahan (PMT). Sedangkan masalah dana yang tersedia yang ada sekarang ini, itu merupakan uang sukarela atau iyuran sukarela dari Ibu-ibu atau peserta posyandu. Disini tidak ada penekanan harus membayar beberapapun jumlahnya yang datang di Posyandu.

Jumlah uang yang dikumpulkan oleh petugas pelaksana kegiatan di posyandu terbilang cukup besar. Dalam kegiatan ini jika satu peserta mengeluarkan uang sejumlah 10-15 ribu, berapa keuntungan atau dana perolehan dari acara yang dijalankan oleh Puskesmas setiap kegiatan pemberian makanan tambahan di posyandu. padahal itu jelas adanya larangan dari pemerintah untuk masalah pungutan liar, namun masih saja ada oknum pungli. Banyak Bayi dan Belita diusia dini yang menjadi korban kematian karena masalah kurangnya Gizi. Disebabkan karena factor ketidak mampuan dari masyarakat yang memiliki daya beli rendah.

Berkaitan dengan masalah pungutan liar (pungli) yang terjadi saat ini seperti pemberian makanan tambahan (PMT) yang diberikan kepada Belita dan Bayi dibawah umur (lima) tahun, apakah ini sudah sesuai dengan peraturan walikota no.14 Tahun 2012 tentang penyelenggaraan pelayanan Jaminan Kesehatan Daerah. Lalu Apa karna anggaran dari pemerintah kurang mencukupi sehingga adanya pungutan liar (pungli). atau dana yang dikumpulkannya hanya untuk keuntungan pribadi. “Seperti apa tanggapan dari Dinas Kesehatan mengenai pungutan liar (pungli) pemberian makanan tambahan (PMT) untuk Balita Bayi dibawah umur lima tahun”. (Ma’ul) Lihat Gambar

.
MOV003.MOD_000016201

MOV003.MOD_000024109

MOV003.MOD_000036961