Pembangunan Jalan Lingkungan Jl. Kenari Diduga Kuat tidak sesuai Spesifikasi

Teropongpost, Tangsel,-Pembangunan peningkatan jalan di Kelurahan Pamualang Barat Kecamatan Pamulang tepatnya di Jalan kemuning. Pembangunan jalan yang menelan anggaran Rp. 465.995.000 dari APBD Tahun 2016 ini dilaksanakan oleh CV. Buana Sakti dengan waktu Sembilan puluh hari kalender.

Namun dalam pelaksanaannya masih saja terdapat beberapa warga kelurahan setempat bertanya-tanya mengenai pagu anggaran yang di hari pertama pengecoran tidak tampak di lokasi pekerjaan. Hal demikian tentu menjadi suatu dugaan bahwa pengerjaan jalan tersebut tidak sesuai dengan ketentuan.
“Konsultannya belum dateng pak, pengawasnya dari dinas, dari UPT, nggak tau sih pak pelaksananya pak Abul, tanya-tanyanya ke pak abul aja?”ungkap pelaksana yang di utus oleh Abul


Selain itu berdasarkan pantauan TP, dalam proses pengerjaan ditemukan beberapa kejanggalan yang mengindikasikan kecurangan-kecurangan oleh pelaksana. Diantara kejanggalan tersebut yakni papan proyek tidak dipasang, tim TP setelah konfirmasi via seluler kepada Abul, bahwa papan proyek akan dipasang nanti pada proses pengerjaan hari berikutnya.

“Kami sebagai warga Komplek di reni ini, mengharapkan adanya transparansi terhadap pagu anggaran, ini kan uang rakyat, volume pekerjaan ini kan kita juga tidak tau, karena tidak ada papan proyek, apalagi spesifikasi pengercoran, tidak di jelaskan, konsultan pengawas tidak ada di tempat?” ungkap warga reni

Guna menghindari kecurangan-kecurangan oleh pihak pelaksana, maka pihak konsultan pengawas harus mengawasi hingga pengerjaan selesai. Hari pertama pelaksanaan bahwa konsultan pengawas datang ketika pekerjaan hari pertama akan selesai, sehingga sewaktu proses ditambahkan air ke jalan yang baru saja diratakan tidak diketahui oleh konsultan pengawas.

Kejanggalan selanjutnya yakni terlihat pada pembesian. Diketahui Pembesian dowel tidak menggunakan kondom pelindung, serta jarak antara pembesian dowel satu dengan lainya tidak seragam jarak, kisaran pembesian dowel diatas 7 meter, setiap pengecoran dengan mobil molen dituang, pembesian dowel terpasang. Dowel adalah material penghubung antara 2 (dua) komponen struktur. Dowel berupa batang baja polos maupun profil, yang digunakan sebagai sarana penyambung/pengikat pada perkerasan jalan tipe rigid pavement. Dowel berfungsi sebagai penyalur beban pada sambungan yang dipasang dengan separuh panjang terikat dan separuh panjang dilumasi atau dicat untuk memberi kebebasan bergeser.

Bar dowel adalah batang baja pendek yang menyediakan sambungan mekanis antara slab tanpa membatasi gerakan sendi horisontal. Mereka meningkatkan efisiensi transfer beban pada sambungan slab beton.

Selain berfungsi untuk menguatkan konstruksi badan jalan, fungsi lain dari dowel adalah untuk menghambat retakan yang terjadi di salah satu segmen agar tidak menjalar atau menerobos ke segmen selanjutnya.

Kejanggalan selanjutnya yakni Pengujian slump test hanya dilakukan pada mobil molen awal saja. Menurut keterangan Perwakilan Pelaksana di lapangan Kadar Beton 350, idealnya melakukan slump test dilakukan. Pengujian ini bertujuan untuk mengetahui kadar air beton/ kelecakan beton yang berhubungan dengan mutu beton. Dalam proyek nilai slump yang dipakai yaitu 12 ± 2 cm untuk struktur atas dan 16-18 ± 2 cm untuk struktur bawah dengan penambahan integral waterproofing. Pengujian dilakukan dengan menggunakan kerucut abrams. Cara pengujiannya adalah sebagai berikut.a) Peralatan uji slump yaitu kerucut abrams disiapkan dengan ukuran diameter atas 10 cm dan diameter bawah 20 cm, serta tinggi 30 cm. Tongkat baja dengan panjang 60 cm dan diameter 16 mm.b) Kerucut abrams diletakkan pada bidang rata dan datar namun tidak menyerap air, biasanya menggunakan alas berupa tripleks.c) Kemudian adukan beton dimasukkan dalam tiga lapis yang kira-kira sama tebalnya, dan setiap lapis ditusuk 25-30 kali dengan menggunakan tongkat baja supaya adukan yang masuk dalam kerucut lebih padat.d) Adukan yang jatuh disekitar kerucut dibersihkan, lalu permukaannya diratakan dan kerucut ditarik vertikal dengan hati-hati.e) Kerucut abrams dibuka dan penurunan puncak kerucut diukur terhadap tinggi semula.f) Hasil pengukuran inilah yang disebut nilai slump dan merupakan nilai kekentalan dari adukan beton tersebut.g) Adukan beton dengan hasil slump yang tidak memenuhi syarat tidak boleh digunakan setiap mobil molen, untuk tetap menjaga kadar beton agar tidak berkurang.

Pembuatan alur dalam dengan sisir kawat (0,6 x 3mm, panjang 12,5 mm) jarak memanjang 2 cm, melintang 2,5 cm kedalaman alur sampai 3 mm. Sampai berita ini diturunkan Penyelesaian akhir perkerasan beton semen, setelah dipadatkan, permukaan beton semen harus diratakan, beton yang masih plastis diberi tekstur permukaan: dengan menerikan burlap penyikatan dengan kawat dan pembuatan alur penyikat melintang cocok untuk lalin rendah/tinggi dapat dikerjakan secara manual atau mekanis penyikatan dilakukan melintang kedalaman tekstur sekitar 1,5 mm pembuatan alur arah melintang didahului dengan penarikan burlap.

Hasil setelah beberapa hari pengecoran terbukti dilokasi terdapat keretakan cor, sehingga sudah dilakukan perekatan dengan sealant, selain dari batas persegment cor. Sampai berita ini di turunkan pihak kontraktor pelaksana yaitu Abul, menghidar dari TP untuk memberikan keterangan tentang pekerjaannya, naifnya setelah duduk berapa saat, Abul mengelabui TP untuk bertemu dengan pihak UPT, kenyataannya Abul pulang, menghindari konfirmasi TP.

Hal seperti ini harusnya lebih di perhatikan, dengan pembiaran terhadap pengurangan-pengurangan spesifikasi beton atau satuan material lainnya maka akan dimanfaatkan oleh oknum nakal guna mencari keuntungan, dan lagi-lagi masyarakat yang menjadi korban.Seharusnya pihak bina marga juga jeli untuk segera memasukan daftar hitam badan usaha pelasana kegiatan yang diduga kuat melakukan kecurangan, segera diaudit dan bila terbukti adanya penyimpangan harus dipertanggung jawabkan secara hukum.(Tim)