Pembukaan Galeri Etnik Nusantara “Expo Sejuta UKM & Festival Kebudayaan” Inovasi Tiada Henti

Teropongpost, Tangsel, – Acara yang diadakan di Mall WTC Matahari Serpong Tangerang Selatan pada hari Rabu 17/07/2019 lalu ini, dihadiri oleh Wakil Walikota Tangerang Selatan Drs. H Benyamin Davnie, Ibu Rimayanti Sekretaris Deputi Bidang Produk dan Pemasaran Kementrian dan UKM RI (yang mewakili), Bapak Luther Palimbong SE. MSi Direktur Penggunaan dan Pemasaran Produk dalam Negeri Kementrian Perdagangan, Asisten Deputi Pertanian dan Perkebunan Kementrian Koperasi dan UKM RI, Bapak Ala Baster sebagai perwakilan Kementrian Dalam Negeri Dirgen Pembangunan Daerah dan UKM, Kepala Dinas Pariwisata Kota Tangerang Selatan Yudianto ST beserta seluruh jajaran SKPD dan OPD. Bupati Gunung Kidul Hj. Badingah S.Sos, Direktur Utama GENSA Ibu Rachelthera Triya, Perwakilan Bank BJB Syariah, Perwakilan WTC, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sragen Bapak Untung Sugihartono, Kabupaten Blitar, Kabupaten Lampung, Kabupaten Luwu Timur, Kabupaten Belitung, Kota Palembang dan seluruh peserta EXPO Sejuta UKM dari seluruh Propinsi Indonesia.

Dalam sambutanya Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Drs. H Benyamin Davnie mengatakan bahwa, “Di jalan depan Gedung ini sebagai transit akan melintas jalan Tol dari mulai Pasar Jumat Jakarta Selatan puluhan kilometer dan terakhir di Bandara Soekarno Hatta. Dengan adanya jalan Tol yang melintasi wilayah Tangerang Selatan ini akan memberikan peluang yang sangat luar biasa bagi kita sekalian. Untuk itu Pemerintah Kota kedepan akan terus mendorong pertumbuhan sektor Perdagangan dan sektor Jasa karena InfraStruktur di Tangerang Selatan sudah terpenuhi untuk permintaan pasar.

Tangerang Selatan memang tidak menetapkan akan menjadi daerah Industri atau daerah Pariwisata, tetapi Tangerang Selatan tanpa itupun sudah menjadi daerah Wisata. Oleh karena itu, mungkin Galeri Etnik Nusantara juga bisa bekerjasama dengan para Peneliti dan Laboratorium yang dimiliki oleh PT atau Puspiptek untuk meneliti jenis makanan atau yang lainnya. Jadi silahkan manfaatkan potensi yang ada di Kota Tangerang Selatan dan tentunya kami menyambut gembira dengan kehadiran Galeri Etnik Nusantara di Kota Tangerang Selatan ini dengan harapan akan terus mengembangkan sektor-sektor ekonomi di wilayah kami, “Pungkas Benyamin Davnie.

Grand Opening GENSA ini memang sudah disiapkan dan dipikirkan matang-matang oleh Pemerintah Pusat dan Kementrian yang mengawal GENSA dan semuanya.
GENSA juga di Dukung anggaran Kementrian Koperasi dan UKM RI, serta Kemendagri RI selalu mengkawal menjadi Program Nasional Meskipun sebagai program baru Di Tanah Air.
“Saya juga memikirkan untuk kedepannya kita punya target untuk Sort Time, Middle Time Dan Long Time. Sort Time adalah kita bikin makanan khas daerah itu beberapa tempat dari Coffee Drink, Herbal dan makanan ringan. Dan ada beberapa tempat yang sudah meminta untuk bekerjasama itu yang pertama, yang kedua Pemerintah sudah menyiapkan kuota tempat untuk GENSA terutama buat Pemda-Pemda atau Pemerintahan Kota maupun Provinsi yang sudah gabung disiapkan tempat untuk bisa Promosi dengan mudah jika sudah gabung dengan GENSA. Untuk jangka panjangnya kita membuat Destinasi GENSA di semua untuk 34 Propinsi atas permintaan Pemerintah dan Kemendagri. Untuk kedepannya GENSA mempunyai 5 program yaitu, pertama Wisata, kedua Edukasi, ketiga IT, keempat Export Import, dan kelima SDM.” Jelas Rachelthera

Untuk event dimulai hari ini tanggal 17 sampai tanggal 21 Juli dan sudah full kegiatanya. Event Lomba Desain, Kerajinan, Handycraft, HKI, Penyuluhan Hukum dan Export Impor, khususnya.
Harapan beliau kedepan agar Pemerintah lebih perhatian dan dipedulikan paling tidak bukan untuk suatu obyek kepentingan tapi lebih care bagaimana ini bisa menjadi berkesinambungan baik ke masyarakat, buat Pemerintah dan buat feedback kepihak Pengelola harus ada dan sesuai Tupoksi.

“Tak lupa saya ucapkan terimakasih pada Gapura DIY oleh mahasiswa UNPAM, Bank BJB Syariah yang sudah mensyuport Charity Event, JOSS Print, Gembala Christ Cathedral, Mall WTC, Puspo Budoyo, PT. MDS, Panitia khusus dan semua pihak atas terlaksananya Event ini, ” tutup Rachelthera.

Event Grand Opening Galeri Etnik Nusantara ini ditutup dengan Santunan Anak Yatim sebanyak 70 anak dari wilayah Kota Tangerang Selatan yang diberikan oleh Rachelthera Triya sebagai Direktur Utama GENSA.(Tini/Arga)