Pemda Luwu Timur Berkerjasama Dengan Galeri Etnik Nusantara (GENSA)

Teropongpost, Tangsel, – Rabu, 13 Maret 2019. Bertempat di Mall WTC Matahari Serpong Tangerang Selatan. Galeri Etnik Nusantara (GENSA) mengadakan Grand Opening yang bertepatan pada kerjasama dengan Pemda Luwu Timur.

Dalam acara tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Luwu Timur beserta staf, Kepala Bidang Destinasi Wisata Dinas Budaya dan Pariwisata Kota Tangerang Selatan, Direktur Mitra Dinamika Sejahtera, Manajer Mall WTC Matahari Serpong Tangerang Selatan, Para pengurus MDS, Pengelola Gensa dan para Tamu lainnya.

Pada kesempatan itu direktur MDS Selaku penanggungjawab Galeri Etnik Nusantara menjelaskan bahwa, kehadiran Pemda Luwu Timur Provinsi Sulawesi Selatan merupakan sebuah bukti kemajuan dalam pengelolaan Galeri Etnik Nusantara, dengan demikian jumlah Provinsi yang telah bergabung di Tahun ini sebanyak 17 Provinsi dari target 34 Provinsi yang ada di indonesia.

Tujuan dilaksanakannya kerjasama tersebut dikarenakan, Galeri Etnik Nusantara (GENSA) merupakan sebuah wadah untuk menampung segala hasil olahan para Pelaku UMKM baik olahan Pangan, Industri Kreatif, Handycraft, Budaya dan Pariwisata. oleh karena itu, Pemerintah Kota Tangerang Selatan menjadikan Galeri Etnik Nusantara ini sebagai bagian dari Destinasi Wisata dari berbagai Produk yang ada di seluruh Indonesia.

Adapun dasar dari pelaksanaan kerjasama ini diantaranya seperti, Surat Permohonan Direktur PT. Mitra Dinamika Sejahtera Nomor : 0961/PSO-MDS/1-19, tanggal 15 januari 2019. Perihal :Parade Expo Gensa Menuju Pasar Global Era Industri 4.0., hasil Rapat Lintas SKPD antara lain Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM, Dinas Transmigrasi Tenaga Kerja dan Industri, Dinas Pariwisata Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga, Pertanian, Kelautan, Perikanan dan Pangan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Serta atas izin dari Bupati Luwu Timur, kerjasama tersebut di laksanakan selama 1 tahun dengan sumber anggaran APBD Kabupaten Luwu Timur.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Luwu Timur dalam sambutannya mengemukakan bahwa, upaya yang dilakukan oleh Pemda Luwu Timur dalam bentuk menjalin kerjasama dengan PT MDS merupakan salah satu langkah strategi dalam upaya meningkatkan kapasitas produksi bagi Pelaku UKM, Industri Kreatif, Kebudayaan dan Kepariwisataan yang ada di Luwu Timur. Upaya ini tentunya sejalan dengan Visi Misi Bupati Luwu Timur dalam mewujudkan Luwu Timur Terkemuka pada tahun 2021.

“kita tentunya sama tau bahwa salah satu kendala terbesar yang di alami oleh para Pelaku UKM adalah kurangnya akses informasi terhadap Pemasaran hasil produksi mereka, sehingga akan berdampak pada faktor kemalasan serta keraguan akan ketidakpastian mereka dalam melakukan Pemasaran hasil produksi. Oleh karena itu kami berharap melalui kerjasama ini maka keran-keran informasi terhadap Pemasaran dapat terbuka seluas luasnya kepada mereka dan tentunya semangat untuk melakukan inovasi dan kemandirian dalam meningkatkan kapasitas produksi dapat meningkat secara global. Luwu Timur merupakan salahsatu Daerah yang memiliki sejuta potensi dari berbagai sektor, baik sektor olahan hasil Bumi, Kelautan dan Pertambangan yang kesemua itu tentu membutuhkan adanya kerjasama secara intensif guna mencapai kesejahteraan masyarakat secara umum”, pungkasnya.

Beberapa Produk unggulan akan menjadi primadona bagi segenap pengunjung diantaranya, Keripik Pisang Tanduk, Lada Bubuk, Bagea Sagu, olahan Krispy Ikan Pangkilan, serta Terasi Bubuk Bakar. disamping itu tak kalah menariknya yakni hasil kerajinan teduhu asal Nuha dan Peralatan dapur berupa Lesun dan cobe-cobe dari Kawata.

Bergabungnya Lutim Menembus pasar baru Daerah penghasil Ikan siap untuk penjualan export dan melayani Lintas Daerah.
Selain itu ada banyak komoditi rempah-rempah sperti Kelapa Sawit, Cokelat, Rumput Laut, Bandeng, Ikan Tuna, Lada Hiitam Dan putih. juga kreasi kerajinan Renda, Kayu yang finishingnya Sudah maksimal.
Sarung Bantal Renda-pun sudah  dibawa  terbang ke Cina oleh Mitra Bisnis MDS , sebagai Usaha Promosi Galeri Etnik Nusantara bersama Kepala Divisi export  dan import Lukas Christian. GENSA focus untuk menembus networking Pasar Cina.

Ibu Rachelthera Triyati Sebagai Ketua Umum Galeri Etnik Nusantara (GENSA) pun mengucapkan banyak terimakasih atas bergabungnya Luwu Timur, agar sinergi membangun Negeri dan mengadakan inovasi tiada henti supaya Pemasaran makin besar dan berpotensi Mandiri, Mulia dan Sejahtera. Persiapan Grand Opening secara serentak dan keseluruhan akan diadakan setelah Musyawarah Nasional antar Daerah. Target Grand Opening 80 Persen Open Shop penuh meliputi Kalimantan, Sulawesi, lampung, Aceh dll. yang saat ini dalam progres.
“Berharap dengan bergabungnya Luwu Timur membawa semua juga ikut bergabung dalam GENSA, sehingga peluang makin terkenal di Domestik dan Luar Negeri”, ungkapnya.

GENSA sendiri memiliki tujuan Penuh Daya Cipta, Naluri Kuat dan Filosofis, mampu membantu seseorang menjadi lebih Percaya Diri, selalu berusaha bermanfaat untuk orang banyak.(Tini/Arga)