PENTAS SENI PERGURUAN PENCAK SILAT MS SILATURAHMI MENYAMBUT DATANGNYA BULAN SUCI RAMADHAN

Teropongpost, Tangsel,-Indonesia merupakan Negara kepulauan yang memiliki aneka ragam Suku, Budaya dan Tradisi. Namun, Dengan Keanekaragaman suku, budaya dan bermacam-macam tradisi ini tidak dijadikan perbedaan, tetapi merupakan kebanggaan dan keunikan serta keaneka ragaman yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Sudah seharusnya kita selaku bangsa Indonesia melestarikan kebudayaan serta tradisi yang ada. Tidak sedikit generasi penerus bangsa yang terlena dengan budaya-budaya asing, padahal orang-orang asing datang mempelajari kebudayaan dan tradisi dimana pencak silat salah satunya dipelajari oleh orang asing dan diperlombakan di tingkat Dunia. Dan sudah merupakan tugas dari tokoh-tokoh masyarakat agar seni bela diri dan tradisi-tradisi yang hidup di tengah masyarakat harus di pertahankan dan di lestaraikan .

Seperti seni tradisional dan budaya yang di adakan di Kelurahan Pondok Benda Kecamatan Pamulang Tangsel Senin, (08/06) yang merupakan salah satu bentuk seni dan budaya Indonesia yang seharusnya terus dijaga dan dilestarikan untuk Anak-anak Bangsa. supaya generasi muda bangga dengan seni beladiri dan budaya-budaya yang dikembangkan para leluhur di Tanggerang Selatan.

Pentas seni dan silaturahmi, yakni seni tradisional dan budaya di Kelurahan Pondok Benda Kecamatan Pamulang Tangsel, disamping acara ini merupakan silaturahmi dan menyambut datangnya bulan suci Ramadhan serta merupakan salah satu cara untuk melestarikan tradisi dan budaya sejak dahulu.
Menurut H.M Sya’at Lurah Pondok Benda, acara ini rutin dilakukan setiap tahun, bahkan terkadang dua kali dalam satu tahun. “Kita dari pemerintah sangat mendukung sekali, karena ini disamping bela diri juga merupakan seni juga, artinya ini melestarikan budaya leluhur, budaya Tangerang Selatan”, pungkasnya.

Acara yang diselenggarakan oleh pemuda Kelurahan Pondok Benda, dihadiri oleh beberapa padepokan silat yang menampilkan talenta-talenta para pesilat dari masing-masing padepokan. Terbilang cukup banyak tokoh-tokoh masyarakat serta warga masyarakat yang antusias hadir dalam kegiatan ini, artinya selain sebagai hiburan, ini menunjukkan bentuk kepedulian tokoh-tokoh masyarakat bersama aparat pemerintah bersinergi melestarikan budaya-budaya masyarakat lokal.

“Ini merupakan forum silaturahmi, seluruh perguruan pencak silat se Tangsel kita undang. Inikan budaya kita yang musti dilestarikan, agar generasi kita kedepan tidak melupakan sejarah dan budaya yang perlu kita lestarikan bersama.” ucap H.M Sya’at Lurah Pondok Benda. (Ma’ul)