Pentingnya Perpustakaan Bagi Pendidikan

Teropongpost, Tangsel, – Dalam dunia pendidikan, peranan perpustakaan amatlah penting seolah menjadi satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. perpustakaan sekolah merupakan salah satu penunjang dalam mencapai pendidikan yang bermutu karena sebagai sumber belajar yang ada di sekolah. Oleh karena itu, perpustakaan harus menjalankan fungsinya dengan baik untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh siswa dan guru.

Perpustakaan sebagai sumber belajar merupakan tahap awal dalam proses belajar yaitu tahap mencari informasi yang bertujuan menyerap dan menghimpun informasi, mewujudkan suatu wadah pengetahuan yang terorganisir, menumbuhkan kemampuan menikmati pengalaman imajinatif, membantu perkembangan kecakapan bahasa dan daya pikir, mendidik siswa agar dapat menggunakan dan memelihara bahan pustaka secara efisien serta memberikan dasar kearah pembelajaran mandiri.

Menurut Hanna Chaterina George, Ketua Asosiasi Pekerja Informasi Sekolah Indonesia (APISI) narasumber dalam seminar yang bertema “Pengembangan Perpustakaan” yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan menjelaskan, pengaruh perpustakaan sekolah dalam proses belajar mengajar sangat tergantung pada kemampuan perpustakaan dalam menjalankan fungsinya. Sebab itu, pihak sekolah harus benar-benar memperhatikan dalam memberdayakan perpustakaan-perpustakaan sekolah dengan segala penunjang yang dibutuhkan, Dengan demikian akan menumbuhkan minat baca siswa sehinggah mereka dapat bekerja menjadi individu yang gemar menggali informasi dari buku sebagai jendela dunia.

“Kalau saya sih lebih membagikan ke audien, saat ini perpustakaan sekolah sudah seperti apasih gambarannya, jadi saya bisa bagikan beberapa gambaran juga solusi bahwa tren dari perpustakaan sekolah sekarang tuh udah sampe mana, kemudian kalau mau mengembangkan perpustakaan sekolah tuh seperti apa”, ucap Hanna Chatrina George saat ditemui usai kegiatan, Kamis (27/07).

Selain perpustakaan yang mempunyai koleksi bahan pustaka yang memadai bagi siswa untuk mencari informasi, Pustakwan juga memiliki peran yang snagat penting dalm menunjang terjadinya perpustakaan yang efektif.

Hanna Chaterina George juga menekankan bahwa perpustakaan sekolah berperan dalam proses pendidikan sepanjang hayat. Dengan adanya perpustakaan sekolah diharapkan juga mampu untuk memberikan kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan dan upaya menumbuhkan minat baca. Dengan meningkatnya minat baca pada siswa akan berimbas pada kemajuan pendidikan di Indonesia serta mampu mengarahkan pada tujuan negara yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, untuk itu diperlukan kerja sama antara pemerintah, kepala sekolah, guru, pustakawan serta komite sekolah dalam membuat program kerja untuk memberi layanan yang maksimal kepada pemustaka, agar perpustakaan sekolah dapat memberikan peranan sebagai penunjang proses belajar dan mengajar dan juga dapat meningkatkan mutu bagi pendidikan di Indonesia.

“Padahal kalo saya tekankan juga tadi hal yang paling penting kita mau menjadikan para siswa pembelajar seumur hidup dan itu inline dengan visi misi pendidikan RI”, Tambah Hanna (Mus/Tini)