PMA 2016 UIN Syarif Hidayatullah, Wujud Apresiasi Untuk Para Pengabdi Masyarakat

Teropongpost, Tangsel,– Dirintis untuk kali pertama, Pengabdian Masyarakat Award (PMA) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah 2016, memberikan anugerah pengharagaan kepada para penggiat dan insan pengabdi masyarakat, dari kalangan mahasiswa, Alumni dan Dosen, sebagai salah satu bentuk Apresiasi kepada mereka yang dinilai konsisten memberikan kontribusi dan manfaat bagi masyarakat.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pusat Pengabdian Masyarakat (PPM) UIN Syarif Hidayatullah, berdasarkan Informasi yang dihimpun, penghargaan tersebut dibagi tiga kategori dari berbagai bidang seperti, Sosial Keagamaan, Sosial Kemasyarakatan, Lingkungan Hidup, Pendidikan dan Budaya, serta Ekonomi Masyarakat.


Puncaknya, pada Kamis malam (1/12) di gedung aula kampus tersebut, yang dihadiri sejumlah tamu undangan diantaranya adalah Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPEDA) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Teddy Meiyadi, yang juga selaku bagian tim dewan juri.

Adapun para penerima penghargaan tersebut antara lain ialah, Siti Rodiyah Mahasisiwi dari Fakultas Ushuluddin, Bagus Muhamad Rizal Mahasiswa Fisip, Da’an Dini Khoirunisa selaku Alumni dari UIN syarif Hidayatullah.

Salah satu penerima penghargaan kategori Mahasiswa yakni Siti Rodiyah. Mahsisiwi Dari fakultas Ushuluddin ini mengajarkan Alqur’an kepada anak-anak di Kampung Babakan Bogor, yang mana daerah tersebut merupakan daerah asalnya.

Ketika dikonfirmasi awak media, mahasiswi yang mengajarkan Alqur’an serta pendidikan formal lainnya, dengan metode yang menyenangkan bagi anak-anak, menyampaikan motivasi awal perihal yang telah dilakukan terhadap masyarakat dilingkunganya tersebut.

“Kebetulan saya salah satu mahasiswa yang berasal dari sana, dan satu-satunya pemuda disana yang kuliah hanya saya, dilihat dari latar belakang budaya kebiasaan masyarakat disana yang tidak mementingkan pendidikan, oleh karena itu saya merasa mendapat tugas dan amanah yang lebih dari yang lain untuk memberikan refleksi tentang pandangan dan wawasan serta semangat baru tentang penitngnya pendidikan”, tutur Siti.

Sementara itu, Teddy Meiyadi selaku perwakilan dari pihak Pemerinth Kota (Pemkot), menyambut baik terhadap upaya yang telah dilakukan pihak universitas. Hal seperti ini bisa dijadikan salah satu bentuk sinergi antara pihak Pemkot dengan para Akademisi.

“Ini istilahnya adalah sebuah Kolaborasi atau kerjasama, jadi pembangunan itu dilakukan secara bersama, antara Pemerintah, Masyarakat, dan para akademisi dari Perguruan Tinggi, tentunya kedepan akan lebih dikembangkan lagi sinergitas ini, dimana para ahli dari perguruan tinggi dapat ikut berkontribusi dalam pembangunan di daerah yakni Kota tangerang Selatan ini”, pungkkas Teddy.

Kemudian salah seorang Tim Pusat Pengabdian Masyarakat (PPM) UIN syarif Hidayatullah Dr. Tantan Hermansyah menambahkan sehubungan dengan yang telah disampaikan oleh Kepala BAPPEDA Tangsel tersebut.

“Ini adalah moment yang tepat, dimana dari pihak Pemkot mengedepankan untuk berkolaborasi bersama Perguruan Tinggi, dan kami dari pihak Kampus sendiri sedang mengembangan adjustment kemitraan dengan masyarakat dan Pemerintahan Kota”, ujarnya.

Diharapkan baik dari Pihak Perguruan Tinggi maupun pihak Pemerintah Kota, kedepannyanya sinergitas ini akan terus dikembangkan, dimana tidak hanya UIN syarif Hidayatullah, akan tetapi Perguruan-perguruan tinggi lain yang ada di Kota Tangsel, akan dilibatkan untuk bisa berkolaborasi bersama Pemkot untuk bersama membangun Kota Tangsel.(Red)