Sosok Wuryati Wanita yang ingin Mengangkat Masyarakat melalui “Kelompok Wanita Tani”.

Teropongpost, Tangsel, – Jum’at 5 April 2019. Bertempat di Saung Jl. Suka Makmur RT. 03/02 No.78 Serua Indah Ciputat Tangsel. Acara Penyerahan SK Kelompok Wanita Tani (KWT) “Makmur Sejahtera” diadakan.
Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan, Ketua KWT kota Tangerang Selatan, Babinkamtibmas Kelurahan Serua Indah, perwakilan dari Camat Ciputat,Lurah Serua Indah,Lurah Ciputat dan para RW dan RT se Kelurahan Serua Indah.

Dalam sambutannya Bu Wuryati sebagai Ketua KWT “Makmur Sejahtera” mengatakan bahwa, “Awal pembentukan KWT ini saya ingin masyarakat khususnya yang berada dilingkungan rumah saya, RT saya dan warga di Serua Indah ini. Walaupun tidak mempunyai lahan yang besar tetapi bisa memanfaatkan Pekarangan rumahnya untuk menanam minimal tanaman itu bermanfaat bagi rumah tangganya sendiri dulu, contohnya seperti kangkung, bayam, dan cabe. itu adalah makanan sehat sehari-hari.

KWT itu bukan hanya kelompok tani saja,dalam arti luas dengan adanya kelompok wanita bisa diartikan warga memiliki kegiatan yang menunjang ekonomi keluarga, terutama Ibu-ibu dan remaja yang belum bekerja biar punya kreatifitas. KWT ingin mengadakan pelatihan-pelatihan, dibidang kerajinan tangan atau kuliner sesuai keinginan warga.
Beliau menginginkan seminggu sampai dua minggu setelah pelatihan warga bisa mengerjakan dirumahnya sendiri. dan hasilnya KWT ambil dan akan dijual produknya ke UMKM, karena KWT sendiri sudah ada kerjasama sesuai bidang Produk yang dijual. Minimal kebutuhan Ekonomi keluarga yang mendasar bisa terpenuhi.

“Harapan saya KWT ini pertama bisa bermanfaat untuk dirumahnya sendiri, yang kedua untuk warga, dan yang ketiga untuk masyarakat Tangerang Selatan syukur-syukur bisa sampai wilayah Indonesia jadi kita memajukan perekonomian rakyat”, ungkap Wuryati.

M Farid Kabid Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Mengatakan, “Saya sangat menyambut dengan tangan terbuka dengan adanya Kelompok Wanita Tani (KWT) ini, yang dari bawah jadi bukan hanya kita bentuk karena kalau kita bentuk berarti ada pemaksaan bagi saya, tapi kalau dilakukan ibu-ibu dari bawah dari hati nurani Insya Allah pertanian ini akan dapat maju bersama.” Ungkapnya.

Kendala di Tangerang Selatan biasa seperti masalah tanah karena menurut aturan tanah harus milik Pemerintah atau orang yang di MOU kan untuk kepentingan mereka minimal Lima Tahun. Sekarangpun beliau punya Program Rumah Benih dan Ibu Walikota menganjurkan setiap rumah ada Lima pohon sayuran.
“Harapan saya dengan adanya KWT yang minta diresmikan oleh kita, kita sangat bahagia karena dengan begitu tujuh puluh persen mereka itu sudah senang tiga puluh persen kita bina bagaimana agar mereka bisa senang. Dan kalau ingin melihat contoh sayuran silahkan datang ke kantor kita”, pungkas Farid.

Bu Wuryati diakhir Acarapun mengucapkan “Tetap semangat dalam Kelompok Wanita Tani (KWT) Makmur Sejahtera untuk warga Suka Makmur, Serua Indah”, pungkasnya.(Tini/Arga)