Sumur Eksotik Setu Tujuh Muara

Teropongpost, Tangsel,- Setu dengan ada pada tengah-tengah kota Tangerang Selatan, dengan sebutan masyarakat sekitar adalah setu tujuh muara. Merupakan tempat yang sesungguhnya memiliki potensi untuk wisata di kemudian hari.

Ada hal yang tentu menjadi fenomena tersendiri, unik dan tentu eksotik, yaitu dengan adanya sumur Eksotik setu tujuh Muara, yang terletak di wilayah rukun tentangga 05/04 kelurahan pondok benda. Ketika penelurusan ke lokasi bersama ketua RT dan RW setempat, tim Teropong post melihat keindahan Setu tujuh muara ini dari dekat, dengan nuansa sore hari.

Sekitar sepuluh meter dari lokasi setu terdapat sumur yang tidak dalam sekitar lima meter. Sumur tersebut ada beberapa orang asli penduduk tersebut menyebutnya dengan “kobakan” (red). Dengan diameter sekitar dua meter, dan sejauh mata memandang kedalaman sumurpun Nampak jelas terlihat dengan mata telanjang, terbilang dangkal hanya lima meter saja.

Ketua RT dan RW yang merupakan penduduk asli daerah tersebut, menceritakan kepada Teropong Post, bahwa keberadaan sumur/kobakan itu sudah ada semenjak dahulu, dari jaman sesepuh mereka pun sudah ada. Bahkan seakan dari cerita penduduk setempat, bahwa dengan kedalaman sumur yang terbilang dangkal ini, walaupun cuaca kemarau sekalipun air ini tidak pernah surut.

Tidak hanya itu keanehan yang ada, bahkan dalam sumur tersebut terdapat dua ekor ikan yang ukurannya tidak besar, dan ikan tersebut sudah ada dari dahulu menurut ketua RT dan RW dan tidak ada seorang pun dari penduduk setempat yang berani menangkapnya untuk di konsumsi.

“Peninggalan Jaman dulu lah, Peninggalan nenek moyang kita, ini Sekarang tidak terawat, tapi airnya tetap aja bersih ” Ujar ketua RW Mursid

Namun dari keberadaan sumur tersebut sampai sekarang masih digunakan kegunaanya untuk sarana mandi karena airnya yang jernih, terdapat wadah penampungan air yang disediakan terbuat dari tembikar yang tidak jauh dari sumur tersebut dan adanya penutup untuk mandi yang di buat seadanya dari terpal.

Eksotis sumur muara ini di rencakan oleh ketua RT dan RW, untuk mejadi tempat wisata, dan tempat “pemandian air suci” istilah ketua RT dan RW. Yang diharapkan untuk mendatangkan keberkahan tersendiri untuk wilayah RT 05/04 kelurahan Pondok Benda.(Faj)