TALKSHOW GENSA GO EXPORT “EXPORT ITU MUDAH”

Teropongpost, Tangsel, – Selasa, 20 November 2018. Dalam serangkaian kegiatan Soft Opening GENSA beberapa waktu lalu,yang mengenalkan apa itu GENSA dan bagaimana caranya untuk bergabung, ada talkshow yang khusus untuk membahas tentang ekspor. Yang bertempat di WTC Matahari Mall Serpong Tangerang Selatan.

Bpk Lianto Fahmi Nasution Direktur dari CV Bintang Hu yang bergerak dalam bidang ekspor-impor, dalam acara itu Menjelaskan bahwa selama ini orang beranggapan jika ekspor itu susah dan gimana ribetnya mengurus hal yang semacam itu.

Hal tersebut didasari karena kurangnya sosialisasi tentang ekspor-impor sendiri,dan itulah yang menjadi salah satu penyebab masyarakat beranggapan seperti itu, sebenarnya tidaklah serumit apa yang kita bayangkan karena hal semacam itu cukuplah mudah, seperti saat kita mengirim sesuatu barang dari Jakarta ke Daerah tertentu atau sebaliknya, yang membedakan hanyalah adanya Beacukai saja, tetapi disitu kita juga akan dibantu oleh pihak ketiga sama halnya saat kita melakukan pengiriman lokal.

“Dengan adanya acara seperti ini UMKM dan IKM diharapkan bisa lebih terbuka terbuka wawasannya, bahwa sebenarnya ekspor-impor tidaklah sesulit apa yang kita pikirkan selama ini,” pungkasnya.

Serta Bpk. Ir. Nursyamsu mahyudin,MSI sebagai wakil ketua Indonesia Jepang Bisnis network ( IJB net ), dalam acara itupun mengatakan para UMKM yang ada juga harus berpikir untuk memasarkan produknya tersebut tidak hanya sebatas pasar lokal saja, tetapi juga harus berpikir bagaimana untuk memasarkan produknya ke pasar internasional agar lebih berkembang lagi produk-produk dalam negeri kita ini di mancanegara, terangnya.

Lebih baik lagi apabila kita sudah bisa mengekspor sesuatu, walaupun hanya barang-barang yang biasa saja bahkan ya bisa sesuatu yang lebih besar lagi, ya disitulah tantangannya kita sebagai entertainer harus dapat mencari celah dalam hal penekanan biaya,linsesinya dan segala macamnya.

“Dan jika ada UMKM yang ingin bergabung dengan IJB net sendiri persyaratannya sangat mudah, seperti halnya dalam mendaftarkan produknya kepada BPOM,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, ibu Rachelthera sebagai ketua GENSA mengatakan jika tujuan Membuat rangkaian kegiatan Soft Opening ini bahwasanya kami peduli terhadap para pelaku UKM yang ada, seperti membantu mengurus legalitas UKM tersebut, dalam acara sebelumnyapun GENSA mengadakan seminar tentang pengetahuan IT dimana didalamnya membahas bagaimana untuk membuat web maupun cara memasarkan produknya melalui dunia digital, GENSA-pun mengadakan suatu talkshow tentang bagaimana cara untuk mendapatkan hak paten untuk produk mereka itu, dikarenakan masih banyaknya produk / karya kita yang malah diakui oleh orang lain, serta banyaknya pelaku UKM di Indonesia ini yang bermimpi untuk memasarkan produknya ke internasional, maka dari itu kita disini untuk mempermudah mereka semua.


( Seminar Hukum GENSA )

“Maka dari itu sedikit catatan bagi kita semua khususnya pihak pemerintah, untuk memberikan perhatian yang lebih baik lagi terhadap GENSA, misalnya dengan memberikan anggaran untuk GENSA, seperti yang tertera pada surat Himbauan Pemerintah Pusat melalui Kemendagri
Disini GENSA adalah wadah yang memfasilitasi UKM dan sifatnya membantu Pemerintah. Disinilah di GENSA seluruh UKM Kota dan Provinsi di Indonesia bisa bergabung, imbuh Rachelthera Ketua GENSA.(Arga/Tini)