Tanggal 20 Batas Akhir Penambahan DPT

Teropongpos Tangsel.- Dalam mempersiapkan pemilu serentak 2015, ketua KPUD Kota Tangsel, Muhammad Subhan mengaku sudah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pertanggal 2 Oktober lalu. Untuk Mengantisipasi adanya DPT bayangan pihaknya berupaya keras untuk mendapatkan data dengan kualitas terbaik, dari tim pasangan calon untuk bersama-sama, apabila ditemukan baik sistem dan ditemukan ganda maka dicoret.

“Kalau masih diragukan ya kita lakukan faktual bersama-bersama, baik KPU, Panwas, juga dari tim pasangan calon” ungkap Subhan, senin (11/10).

Subhan juga mengaku dalam setiap tahapan telah dilakukan secara transparan. Selain itu pihaknya mengajak partisipasi semua pihak, untuk turut dalam setiap tahapannya termasuk tahap dalam pemutakhiran data pemilih yang telah ditetapkan.

“Tidak menutup kemungkinan masukan-masukan yang tidak cukup syarat, yang ganda, yang meninggal, dibawah umur dan TNI POLRI ya akan diberi tanda untuk tidak menggunakan hak suarannya”, ucap Ketua KPUD.

KPUD akan membuat pedoman tekhnis untuk mengendalikan proses pemungutan suara termasuk di dalamnya siapa yang mempunyai hak pilih. Selain itu, KPU juga memohon kepada para pihak yang mendapatkan ketidak falidan data agar segera disampaikan untuk melakukan perbaikan-perbaikan. Dan yang belum terdaftar masih ada kesempatan untuk masuk kedalam daftar pemilih tambahan.

Subhan mengaku, “Kami terbuka untuk mendapatkan kritikan, koreksi, dianggap tidak transparan ya letaknya dimana ya ayok semua kita selesaikan bersama. Kami juga tidak mengklaim kami paling benar”,pungkasnya.

Ketua KPUD juga menyampaikan jika ada laporan dari masyarakat baik kelompok ataupun individu, ada yang belum terdaftar ketika sudah memastikan di Kelurahan, Kecamatan atau di KPUD, agar membawa data kependudukan baik KTP dan KK, untuk dimasukkan kedaftar pemilih tambahan hingga tanggal 20 Oktober.

Subhan juga menambahkan terkait daftrar pemilih tambahan “Sekarang sudah mulai proses sampai dengan tanggal 12 sudah kita umumkan DPT-nya nanti dimasing-masing TPS, juga melalui website KPU RI sudah bisa di akses oleh masyarakat umum” tambahnya. (Mush)