Adakah Solusi Baik Bagi Pekerja Seniman Dimasa Pandemi ini?

Teropongpost, –Sejak kasus Covid-19 meningkat di Indonesia, berbagai permasalahan sosial dan ekonomi muncul di tengah masyarakat. Tak dapat dipungkiri jika Covid-19 telah hampir melumpuhkan kondisi sosial ekonomi masyarakat Indonesia, khususnya di beberapa Daerah dengan tingkat penyebaran tertinggi seperti Jabodetabek.

Akibat kasus Corona ini, Pemerintah Indonesia mulai melakukan berbagai kebijakan seperti mengeluarkan himbauan social distancing, mengeluarkan himbauan untuk Work From Home bagi pegawai, memberlakukan pembatasan wilayah, membangun RS khusus untuk penanganan Covid-19, dan lain-lain.

Dengan adanya kebijakan pemerintah ini serta situasi yang semakin genting, tentunya memberikan dampak bagi masyarakat, baik masyarakat menengah ke bawah hingga kalangan elit. Berbagai masalah sosial ekonomi muncul dan dampaknya langsung terasa oleh masyarakat.

Seperti halnya yang dialami oleh para pelaku bisnis hiburan terutama musik, dimana sebelumnya mereka sering mendapatkan pekerjaan / orderan dari beberapa masyarakat yang sedang mengadakan suatu acara ataupun kegiatan tertentu, mereka diundang untuk memberikan hiburan dalam acara tersebut.

Tetapi kini, dikarenakan tidak boleh adanya suatu acara / kegiatan masyarakat yang berkerumun di suatu tempat, Mereka tidak ada pemasukan ataupun pendapatan lagi dari pekerjaannya tersebut.

Oleh karena itu, para pekerja seniman pun berharap kepada Pemerintah dan Instansi terkait dapat memberikan suatu kelonggaran maupun solusi bagi pekerja seniman. Diketahui juga bahwa selama ini mereka sedang mencari Nafkah selalu dilarang bahkan dibubarkan paksa, tanpa adanya jalan keluar dan solusi terbaik bagi mereka.

Penulis : Rahmansyah Raga, Pimpinan Prabu Musik