Babinsa Koramil 0302/Warunggunung bantu masyarakat Budidayakan Pepaya California

Teropongpost, Lebak, –Babinsa Koramil 0302/Warunggunung Serda Priyatna melakukan  pembinaan kepada masyarakat Desa di bidang pertanian pangan. Selain pangan babinsa juga membina pengembangan tanaman Pepaya California, yang memiliki harga stabil dan tidak membutuhkan pemeliharaan intensif. Senin, (13/07/2020).
Menurut Serda Priyatna bahwa, Warga di Desa Padasuka mencoba menanam buah Pepaya bertujuan untuk membudidayakan buah Pepaya tersebut guna menambah penghasilan warga setempat. Dan untuk pemasaran dirinya sudah memiliki link baik lokal maupun Nasional .
“Menanam pepaya california tidak susah, mulai dari proses pembibitan, penanaman, pemupukan, bahkan sampai panen. Untuk pemupukan cukup menggunakan pupuk organik,” ujar Serda Priyatna
Iwan salahsatu petani pepaya sekaligus pengelola kebun tersebut mengatakan keseluruhan dirinya sudah menanam Pepaya California sebanyak 1800 bibit.
“Ada 1800 bibit pepaya California yang sudah di tanam dilahan seluas 2 Hektar secara manual” jelasnya
Iwan juga sangat berterima kasih atas arahan dan bimbingan yang diberikan Babinsa hingga tanaman Pepaya California yang di tanamnya kini sudah berbuah dan sudah ada juga yang di panen.
“Dari penanaman hingga kini berbuah, semua atas bimbingan pa Babinsa, saya salut juga beliau (Babinsa) aktif dalam membimbing dan membina masyarakat,” ungkap Iwan
Serda Priyatna berencana, tanaman Pepaya California ini akan dikembangkan di wilayah-wilayah lain yang ada di kecamatan Warunggunung, dan berharap adanya investor yang mau bekerjasama menanamkan modalnya untuk Penanaman Pepaya California tersebut.
“Kedepan saya akan terus dorong bakat dan potensi masyarakat di Desa-desa yang besar mayoritasnya bercocok tanam/bertani. Hanya karna minimnya modal di masyarakat, jadi saya berharap adanya investor yang mau bekerjasama menanamkan modalnya untuk modal masyarakat bercocok tanam” Imbuh Serda Priyatna (Agus)

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.