Babinsa Kuningan Ikuti Binsiap Apwil dan Puanter

Teropongpost, Kab. Kuningan, –Sebanyak 120 orang Babinsa jajaran Kodim 0615/Kuningan mengikuti Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial (Binsiap Apwil dan Puanter) Triwulan I Tahun Anggaran 2021 di Aula Makodim, Selasa (16/3/2021).

Dandim 0615/Kuningan, Letkol Czi David Nainggolan, S.T., melalui Kasdim 0615/Kuningan, Mayor Inf Dedy Suhardjito mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan prajurit Komando wilayah.

“Aparat kewilayahan perlu memahami dan mampu melaksanakan tugas pembinaan teritorial. Oleh karena itu harus memiliki kesamaan langkah dan tindakan dalam menjalankan tugas. Serta mampu berintegrasi dengan komponen bangsa lainnya,” ungkapnya.

Mayor Dedy menuturkan, dengan kegiatan ini Babinsa bisa memahami tugas dan fungsinya sebagai aparat kewilayahan sehingga tidak ada keraguan dalam mengaplikasikan di lapangan.

“Pertajam kembali tugas dan tanggungjawab sebagai aparat satuan komando kewilayahan guna menyamakan langkah, visi, misi dan pengabdiannya kepada bangsa dan negara. Melalui tugas pembinaan teritorial di wilayahnya dapat terpelihara kemanunggalan antara TNI dengan rakyat,” sambungnya.

Babinsa diberikan beberapa materi diantaranya, sikap teritorial dengan pemateri Danramil 1502/Kuningan, Kapten Inf Nandang Hendarsyah, kemampuan teritorial dengan pemateri Danramil 1503/Ciniru, Kapten Inf Ujang Maryadi.

Selain itu, materi Metode Binter disampaikan oleh Danramil 1504/Subang, Kapten Inf Ibnu Sahid, dan peranan Babinsa dalam penanggulangan bencana di Kabupaten Kuningan dengan pemateri Kasi Kesiapsiagaan BPBD Kuningan Heru. (Akrom)