Bedah Buku “Kalender kerja DPRD” Catatan Perjalanan 2010-2019

Teropongpost, Tangsel, – Rabu, 02 Oktober 2019. Bedah buku “Kalender Kerja DPRD” Catatan Perjalanan 2010-2019, diadakan di Gedung DPRD kota Tangerang Selatan. Acara ini dihadiri oleh Ibu Siti Chadijah (Ummi Sicho) sebagai Penulis Buku, Ketua Dprd Bapak H Abdul Rasyid, Wakil Ketua 2 Ibu Li Claudia, Wakil Ketua 3 Bapak Mustofa, Ketua Fraksi PKS Ibu Lintang Rosi, Ketua Komisi 1 Bapak Ali Rahmat, Sekertaris Komisi 2 Ibu Paramitha, Ketua Komisi 3 Ibu Zulfa, Wakil Ketua komisi 4 lbu Dr. Shinta, Ketua Bapemperda Bapak Wawan Syakir, dan seluruh peserta.

Airin Rachmi Diany S.H. M.H selaku Walikota Tangerang Selatan, dalam kata pengantar di Buku tersebut menjelaskan bahwa, Berbagi sesuatu yang dapat dijadikan pelajaran, dapat memberikan hikmah, dan dapat diambil manfaatnya oleh orang lain adalah sebuah kebaikan. Prinsip ini setidaknya dapat dipegang oleh siapapun, karena dengan melakukan hal tersebut, apa yang kita jalani dan alami akan memberikan makna yang lebih positif.
Buku Kalender Kerja DPRD : Catatan Perjalanan 2010-2019 yang ditulis oleh Ibu Siti Chadijah ini, banyak memiliki nilai-nilai pembelajaran dan pengalaman yang bermanfaat bagi siapapun yang membacanya. Menjadi seorang Anggota Legislatif selama dua periode tentunya merupakan sebuah pengalaman yang penuh dengan warna dan sarat dengan cerita yang tentunya menarik untuk dijadikan sebuah catatan. Buku ini menarasikan secara jelas kiprah seorang Siti Chadijah dalam menjalankan perannya. Didalamnya banyak ilustrasi dan kisah yang menginspirasi juga memberikan motivasi. Buku ini sangat bermanfaat, bukan hanya bagi mereka yang berkiprah dalam dunia politik dan pemerintahan, tetapi juga bagi kalangan umum yang senantiasa menyukai bahan bacaan yang banyak memberikan manfaat.

Dalam sambutannya Ketua DPRD Kota Tangerang Selatan H. Abdul Rasyid mengatakan bahwa, Beliau sangat mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan yang luar biasa dari Alumni DPRD Kota Tangerang Selatan Ibu Siti Khadijah. Ini akan menjadi kolerasi yang sangat kuat terhadap pengembangan kinerja DPRD ke depan, karena tulisan ini merupakan rangkuman dari sebuah perjalanan Politik Ibu Siti Chadijah. Dan ini merupakan potret dari sebuah rangkaian tugas, fungsi, dan kewenangan sebuah acuan dasar dalam rangka untuk aktualisasi kinerja lembaga.

“Sebagai anggota DPRD yang masuk periode baru maka buku ini sangat penting dan saya sangat berterimakasih kepada Ibu Siti Chadijah, yang sudah meluangkan pikiran dan waktu untuk menuliskan sebuah tulisan perjalanan politik selama Beliau menjadi Anggota DPRD. Dan mudah-mudahan ini menjadi tambahan Khasanah pengetahuan untuk teman-teman DPRD yang baru melaksanakan tugas, semoga menambah wawasan dan menjadi referensi kita dalam rangka menjadikan lembaga DPRD yang jauh lebih baik lagi sehingga ukuran kinerja kedepan bisa dirasakan langsung oleh masyarakat. Yang salahsatu kinerjanya adalah dari Kalender Kerja DPRD, sebuah perjalanan yang kongkrit dan bisa untuk menginspirasi kita sebagai anggota DPRD,” pungkas H. Abdul Rasyid.

Siti Chadijah atau panggilan akrabnya Ummi Sicho merupakan Anggota DPRD Kota Tangerang Selatan yang menjabat selama 2 periode (2010-2014 dan 2014-2019), dan sekarang sudah menjadi Alumni Dewan.
Saat diwawancarai Ummi Sicho mengatakan jika, “Motivasi saya dalam menulis buku ini, karena waktu pertama saya menjadi Anggota Dewan banyak pertanyaan yang tak tejawabkan dan bingung harus bertanya kepada siapa. Dan baru setelah menjadi Anggota Dewan periode yang kedua saya bisa memberikan saran atau cerita cara yang terbaik sebagai Anggota Dewan yang baru. Waktu saya tidak mencalonkan lagi, akhirnya saya menulis buku supaya Anggota Dewan yang baru bisa langsung berjalan, itu alasan saya yang pertama. Alasan saya yang kedua yaitu, saya melihat pembuatan dari buku Srikandi PKS. Ternyata sebuah Buku itu bisa dijadikan sebagai agen perubahan. Seperti Anggota Dewan yang membantu pembuatan KK dan Akte Kelahiran dimana cara menempuhnya harus sampai naik Perahu dan harus ke desa-desa, jadi ternyata sebuah buku itu bisa menjadi sebuah inspirasi.” Ungkap Ummi Sicho

Karena berangkat dari kegelisahan awal beliau saat menjadi Anggota Dewan, jadi bagi Anggota Dewan baru yang sudah membaca buku ini bisa untuk pedoman apa yang harus dilakukan awal sebagai Anggota Dewan. Buku ini sendiri terbagi menjadi 4 Bab, berbicara tentang 100 hari kerja setelah dilantik, serta dijelaskan bahwa tugas Dewan itu ada 3, yang pertama Bugdeting, yang kedua Regulasi membuat Raperda, dan yang ketiga adalah Pengawasan.

“Bagi saya yang menarik dari buku ini adalah Anggota Dewan yang baru bisa langsung tergambar tugas-tugasnya, karena dari berbagai latar belakangnya dan buku ini tidak terlalu tebal jadi bisa dibaca cepat dan saya juga menyediakan layanan Konsultasi untuk se Indonesia Raya. Semoga semua ini menjadi ladang Amal Sholeh bagi saya, dan acara ini bermanfaat serta menjadikan DPRD Kota Tangerang Selatan lebih unggul dan berkualitas. Aamiin,” tutup Siti Chadijah. (Tini/Arga)