Dandim Dampingi Komandan Korem 073/Makutarama Silaturahmi Anak Cucu Almarhum Jenderal Gatot Soebroto

Teropongpost, Kab. Semarang, –Komandan Kodim 0714/Salatiga Letkol Inf Loka Jaya Sembada S.I.P, mendampingi Danrem073/Makutarama Kolonel Inf Ari Yulianto S.I.P, beserta rombongan berkunjung kerumah anak cucu almarhum Jenderal Gatot Subroto yakni Bapak Laurence locsin Sardjono. Bertempat dijalan Brigjend Sudiarto No. 43 RT. 10 RW. 02 Ungaran Barat, Kabupaten Semarang Jawa Tengah. Kamis, (21/1/2021).

Kedatangan Danrem beserta rombongan rombongan tersebut untuk menjalin tali silaturahmi dengan keluarga almarhum Jenderal Gatot Subroto.

Seperti yang diketahui Jenderal TNI Gatot Soebroto adalah tokoh perjuangan militer Indonesia dalam merebut kemerdekaan dan juga pahlawan Nasional Indonesia, Gatot Subroto dikenal sebagai tentara yang solider terhadap rakyat kecil meski tengah bekerja sebagai tentara kependudukan Belanda dan Jepang. Ia dianggap contoh seorang pemimpin yang layak diapresiasi berkat jasa-jasanya. Bergabung dengan KNIL membuat Gatot Subroto paham dan mengerti bagaimana seorang tentara harus bertindak, Selama menjabat sebagai komandan kompi dan komandan batalyon.

Pada tanggal 11 Juni 1962, Gatot Subroto meninggal di usia 54 tahun. Pangkat terakhir yang disandangnya adalah Letnan Jenderal. Ia adalah penggagas akan perlunya sebuah akademi militer gabungan (AD, AL, dan AU) untuk membina para perwira muda. Gagasan tersebut diwujudkan dengan pembentukan Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI).

Melengkapi pangkatnya, seminggu setelah ia dimakamkan di desa Mulyoharjo, Ungaran, Jawa Tengah, gelar Pahlawan Kemerdekaan Nasional menurut Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No.283 tanggal 18 Juni 1962 disematkan kepadanya.

Laurence locsin Sardjono menyambut baik silaturahmi Danrem dan rombongan serta mengucapkan banyak terimakasih telah berkunjung, “Silaturahmi antara keluarga besar almarhum Jenderal Gatot Subroto dengan Korem 073/Makutarama akan selalu terjalin dengan baik kedepannya”, Ujar Laurence.

Disela-sela kunjungan Danrem beserta rombongan menyempatkan diri melihat kondisi disekitar kediaman rumah almarhum Jenderal Gatot Subroto, diketahui bangunan yang menjadi saksi bisu peninggalan almarhum, semoga bangunan ini selalu terawat keasliannya sehingga bisa menjadi kebanggan keluarga bahkan warga disekitarnya.
“Danrem berharap bangunan ini bisa menjadi kebanggaan masyarakat Ungaran Kabupaten Semarang, bangunan tersebut juga menjadi sejarah perjalanan seorang prajurit Gatot Subroto”, Tegas Danrem.

Dandim 0714/Salatiga Letkol Inf Loka Jaya Sembada,SIP mengatakan Kegiatan ini sebagai wujud kepedulian Komandan Korem 073/Makutarama bersama rombongan untuk menjalin Silaturahmi dan Komunikasi bersama keluarga salah satu Pahlawan Nasional.

Hadir pada kegiatan silaturahmi tersebut, Komandan Korem 073/Makutarama Kolonel Inf Ari Yulianto, S.I.P, Kasrem, Dandim 0714/Salatiga Letkol Inf Loka Jaya Sembada, S.I.P, Kapolres Kabupaten Semarang, para Kasi Korem serta Danramil 14/Ungaran Kodim. (Akrom)