Dandim Resmikan Langsung Rumah Uging

Teropongpost, Landak, –Dandim 1201 Letkol Inf. Dwi Agung Prihanto didampingi Staf Ahli Bupati Landak bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Ocin, meresmikan bangunan baru rumah Uging (64), warga Desa Sum Sum, Kecamatan Mandor yang mendapat bantuan rehab rumah dari TNI beberapa waktu lalu.

Letkol Inf. Dwi Agung Prihanto mengatakan bangunan rumah Uging sebelumnya yang berbahan kayu lapuk serta sering bocor saat hujan sangat memperihatinkan dan tidak layak huni.

“Karena kondisi rumah beliau yang seperti itu, kami bersama masyarakat dan donatur bergotong royong membuatkan bangunan baru yang lebih sehat dan layak ditinggali,” ujar Letkol Dwi Agung, Jum’at (18/12/2020).

“Alhamdulillah hari ini, rehab rumah Pak Uging sudah selesai. Saya menyampaikan terima kasih kepada para pihak yang bersama-sama membantu pelaksanaan rehab. Kalau bersama kita pasti bisa,” ungkap Dandim.

Dikatakan, pemugaran rumah Uging itu juga bagian dari karya bakti Kodim 1201 dalam memperingati Hari Juang Kartika ke-75. “Kalau tahun sebelumnya biasanya Hari Juang Kartika kita acarakan dengan berbagai kegiatan. Tapi karena Covid-19 ini, untuk pengumpulan masa dibatasi,” imbuhnya.

Menurutnya, untuk menghindari kerumunan karena pengumpulan masa, peringatan Hari Juang Kartika tahun ini dialihkan pada kegiatan karya bakti dan bakti sosial, salah satunya rehab rumah tidak layak huni.

“Selain rehab rumah tidak layak huni, kami juga telah melaksanakan donor darah, pembagian sembako, masker dan bantuan air bersih kepada masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sum Sum Taecun memberi apresiasi kepada Komandan Kodim 1201 dan jajarannya yang pro aktif mengatasi kesulitan warganya hingga membuatkan rumah tinggal baru bagi Uging.

“Pengerjaan yang dilaksanakan mulai 4 Desember 2020 lalu, hari ini telah selesai. Hari ini juga diserahkan kunci rumah kepada pemiliknya. Bangunan dikerjakan secara gotong royong oleh warga, perangkat desa dan yang memotori dari Koramil Mandor,” Pungkasnya. (RI)