Giat Peduli Sampah Kecamatan Jayanti

Teropongpost, Kab. Tangerang, –Menyambut Hari Peduli Sampah, Pemerintah Kecamatan Jayanti adakan giat Peduli Sampah diwilayah kecamatan Jayanti, Kabupaten Tangerang. Minggu, (21/2/2021) Pagi.

Kegiatan Hari Peduli Sampah tersebut, dilaksanakan di beberapa Desa Kecamatan Jayanti, bersama aparatur Kecamatan serta masyarakat peduli lingkungan.

Disela-sela kesibukannya Yandri Permana Camat Jayanti mengatakan kepada Awak media, kita dari pemerintah Kecamatan Jayanti adakan Grebek sampah dalam rangka Peringatan Hari Peduli Sampah, yang Dilakukan pembersihan sampah di 4 titik yang berlokasikan yaitu depan pasar jayanti, depan SDN Cikande 1, samping Pabrik Tetsu Desa Jayanti dan depan Pool Truk Timur Terang Desa Sumur Bandung.

Lanjut Yandri, Kecamatan Jayanti terdiri dari 8 desa dengan jumlah KK sebanyak 24.959 KK maka setiap harinya dapat menyumbah sampah sebanyak 24-25 ton sampah, Sementara armada truk sampah yg dimiliki Kecamatan Jayanti hanya 1unit dan dari UPT DLHK Balaraja 1unit.

“Sehingga setiap harinya hanya mampu mengangkut sampah maksimal hanya 10 ton perhari, Maka masih ada sisa 14-15 ton sampah perhari yang tidak mungkin terangkut oleh armada truk sampah,” ungkapnya

Yandri menambahkan, tumpukan sampah akan selalu ada dimana-mana. Beberapa solusi yang dapat dilakukan diantaranya yaitu, Menambah armada truk sampah untuk memaksimalkan layanan angkut sampah ke masyarakat, Menyediakan dan melaksanakan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu beserta peralatannya untuk melakukan pengolahan sampah melalui pemilahan sampah organik dan non organik kemudian diolah menjadi kompos dan gilingan plastik, gelas yang dapat bernilai ekonomis, Edukasi dan membudayakan biopori tanah di setiap rumah warga.

“Sehingga sampah-sampah organik cukup dibuang ke biopori dan terurai oleh unsur-unsur dalam tanah, Dengan beberapa cara tersebut dapat mengurangi timbunan sampah di lingkungan warga dan juga di TPA Jatiwaringin, Tentunya upaya-upaya tersebut perlu kerjasama dan dukungan juga dari masyarakat,” Jelasnya (Akbar)