Hadiri Sosialisasi PTSL, Babinsa Mempawah Hilir: Tekan Permasalahan Sengketa Tanah

Teropongpost, Mempawah, –Serda Eko Cahyono, Babinsa Mempawah Hilir menghadiri sosialisasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kantor Desa Bakau Kecil, Kecamatan Mempawah Timur, Kabupaten Mempawah. Rabu, (10/2/2021).

Serda Eko Cahyono menyampaikan, program PTSL bermaksud mencegah sengketa konflik pertanahan dengan tujuan mempercepat pemberian kepastian dan perlindungan hukum hak atas tanah masyarakat.

“Semua masyarakat harus menyukseskan program ini, demi kesejahteraan masyarakat Indonesia benar-benar diwujudkan, manfaatkan secara baik program ini,” ucap Babinsa Mempawah Hilir itu

Serda Eko pun melanjutkan, untuk tanah masyarakat yang belum bersertifikat segera di daftarkan agar memiliki kekuatan hukum tanah.

“Untuk tanah yang masih belum mempunyai sertifikat segera siapkan berkas-berkasnya, nanti akan ada tim pengukur tanah milik masyarakat, ini akan membantu dalam pembuatan sertifikat hak milik tanah masyarakat,” tegasnya.

Ditempat terpisah, Danramil Mempawah Hilir, Peltu Apriadi menyampaikan pendampingan dan pengawalan dalam setiap kegiatan di Desa binaan merupakan tugas dan tanggungjawab Babinsa yang ada diwilayah tersebut.

“Banyak wujud nyata yang bisa dilakukan dalam tugas sehari-hari sebagai Babinsa agar kita selalu dekat dengan rakyat, termasuk turut mendampingi kegiatan pendataan pengurusan surat tanah secara gratis,” pungkas Danramil. (RI)