Inovasi GENSA saat Covid-19 dan New Era

Teropongpost, Tangsel, –Dalam masa Pandemi Covid-19 Kemitraan Mitra Dinamika Sejahtera yang menggagas lahirnya Galeri Etnik Nusantara (GENSA) tidak berhenti untuk terus melakukan pembinaan dalam meningkatkan kualitas dari produk UKM yang tergabung didalamnya.

Seperti yang diketahui bersama bahwa ada banyak sekali UKM yang bergabung di GENSA, dari 16 Daerah di Indonesia. Dengan diberlakukannya PSBB di beberapa wilayah, GENSA tidak ingin produksi UKM terhenti begitu saja. Maka dari itu GENSA pun berinisiatif untuk merubah tempat-tempat yang ada, menjadi kantor, rumah kemas, dan untuk display produk UKM.

Seperti kolaborasi saling mensupport dengan Team Bumdes Pantura Makmur yang ada di Desa Kronjo Kabupaten Tangerang, GENSA mendukung sekali berjalannya rencana Agrowisata dan tempat kuliner yang mendukung kegiatan penjualan Garam Sultan.

Dan dalam pengembangan destinasi selanjutnya GENSA pun mengadakan agenda rutin dengan Kementerian-kementerian yang menaunginya, sehingga UKM yang bergabung tidak lepas begitu saja. Walaupun memang itu telah menjadi tugas dari Pemerintah Daerah, tetapi GENSA ada didalamnya.

 

Racheltera Triyati selaku Direktur GENSA pun menjelaskan bahwa, GENSA juga mengadakan kelas-kelas khusus dalam membantu UKM-UKM untuk BPOM, SNI, ISO, Branding, Hukum, PRT halal, konsultasi kontruksi rumah produksi sederhana standar ISO/BPOM/GMP dan membuat klasifikasi produk masing-masing.
“Karena kami telah bersinergi dengan Kementerian Luar Negeri, untuk meningkatkan perdagangan Internasional. Dari 14 Maret lalu kami tidak berhenti untuk membuat sinergitas tersebut, kami juga bersyukur karena dikawal oleh Kementerian Luar Negeri Dirjen Amerika-Eropa III Bapak Adrian Wicaksono. Kami selalu mengadakan FGD-FGD yang fokus pada optimalisasi pasar Turki bagi produk UKM juga Negaran-Negara yang lain.” Ungkapnya, Selasa, (23/06/2020).

 

Beliau juga menjelaskan tentang hal yang seperti itu menjadi feedback yang bagus untuk UKM, dalam GENSA ekspor secara gotong royong yang dimana satu kontainer banyak produk dan satu negara tujuan.
“Dimana planning GENSA dalam 2020 ini akan melakukan ekspor internasional, yang menjadi produk unggulan GENSA. Karena Indonesia telah Go Digital, sehingga GENSA pun mengikuti Go Digital dengan membuat Webinar series ini.” Ujarnya

GENSA dari 2019 lalu memang sudah menyatakan menjadi yayasan yang berorientasi pada non profit. Dan kini sudah memiliki 41 titik wilayah di Indonesia, yang terus melebarkan sayapnya untuk bersinergi dengan semua lapisan.

“Di Kota Tangsel sendiri kami pun membuat produk-produk baru, seperti onde-onde kecil, sambel sambel, ceriping singkong, pesanan nasi Liwet / Catering / Tumpeng, dan aneka ceriping lainnya. Itulah beberapa prestasi GENSA pada saat Pandemi Covid-19 ini, karena bukan malah mengeluhkan tentang keadaan kita justru melakukan ekspansi mencari solusi untuk memperbaiki semuanya. Jadi sekarang kami fokus untuk bagian pemasarannya”. Pungkas Rachel

GENSA pun berterima kasih kepada Pemkot Tangsel, Pemkab Gunungkidul , DIY , Jawa Timur, dan Buleleng. Serta Kementerian Perindustrian RI, Kementerian Luar Negeri RI, Kementerian Perdagangan, Kementerian Dalam Negeri, dan Kementrian Koperasi dan UKM RI ,Universitas Pamulang. GENSA tetap akan meningkatkan sinergitas dengan Departemen / Instansi, dan Pemerintah terkait yang dari awal mengawal GENSA. (Tini)

15 Comments

    • thank you .
      you can look for activity GENSA for UKM Indonesia from Gougle
      Hotline Consultation on 081280805057 or Office : 0878 8058 4159.
      We have More multi product as Spices, Foods , Drink, Craft ect.
      God Bless Us

  1. Hi! Someone in my Myspace group shared this website with us
    so I came to give it a look. I’m definitely enjoying the information. I’m book-marking and will
    be tweeting this to my followers! Terrific blog and outstanding design.

  2. Aw, this was an exceptionally nice post. Taking a
    few minutes and actual effort to make a good article… but what can I say… I put things
    off a whole lot and never manage to get anything done.

  3. Thanks for some other excellent post. Where else may just anybody get that type
    of information in such an ideal manner of writing?
    I have a presentation subsequent week, and I’m at the search for such information.

Leave a Reply

Your email address will not be published.