Kelompok Wirausaha Baru Tenaga Kerja Mandiri Adakan Pelatihan Decoupage dan Sospeco

Teropongpost, Tangsel, –Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia (Kemenaker RI) memberi bantuan kepada pelaku UMKM terdampak Pandemi Covid-19 berupa Pelatihan Decoupage dan Sospeco. Pelaku UMKM tersebut tergabung dalam Kelompok Wirausaha Baru Tenaga Kerja Mandiri wilayah Banten.

Pelatihan tersebut dilaksanakan secara daring di Kota Tangerang Selatan pada tanggal 26-27 Desember 2020, yang bertempat di Naqoy Point Center (NPC), jalan Kodiklat TNI Buaran, Serpong, Tangerang Selatan.

Ibu Sherisada Manaf selaku Ketua kelompok menjelaskan bahwa, syarat peserta mengikuti pelatihan tersebut adalah harus berdomisili di Kabupaten atau Kota yang sama.

“Pelatihan ini dilakasanakan di Tangerang Selatan karena dari kedelapan Kabupaten dan Kota di wilayah Banten, Tangerang Selatan merupakan kota yang terdekat dengan ibukota. Dan memiliki akses internet yang bagus, sehingga Kota Tangerang Selatan layak untuk ujicoba pertama sebagai tempat pelatihan tersebut.” Ujarnya

Sehingga Kota Tangerang Selatan sebagai “Role Model”, Nantinya pelatihan serupa akan dilaksanakan di 7 Kabupaten atau Kota secara bergantian di wilayah provinsi Banten.

“Pelatihan tersebut diikuti oleh 20 peserta. Mereka merupakan pelaku UMKM yang terdampak Pandemi Covid-19 yang tergabung ke dalam Kelompok Wirausaha Baru Tenaga Kerja Mandiri. Semua peserta berdomisili di Kota Tangerang Selatan.” Terangnya

Menurut Sherisada Manaf pun untuk melakukan kegiatan pelatihan ini, pihaknya bekerjasama dengan Ipemi Daerah Kota Tangerang Selatan yang diketuai oleh Dewi Umronih Yusuf sebagai penyedia fasilitas lainnya demi kelancaran kegiatan.

“Harapannya setelah mengikuti pelatihan Decoupage dan Suspeso, para pelaku UMKM tersebut dapat memberi pelatihan serupa “Training of Training”(TOT), kepada anggota kelompok yang lainnya. Hasil produknya dapat dijual, sehingga mereka memiliki usaha mandiri yang dapat meningkatkan taraf ekonomi mereka. Dengan demikian ekonomi kerakyatan yang kini melemah karena dampak Pandemi Covid-19 lambat laun akan menjadi menguat.” Ungkapnya

Mengakhiri sambutannya, Sherisada mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat khususnya Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia, Inggrid Kansil selaku Ketua Ipemi Pusat, Nurwahidah Saleh selaku Sekjend Ipemi Pusat, dan Lilis Suryani selaku instruktur Pelatihan, serta Dewi Umronih Yusuf yang telah menyediakan fasilitas dan SDM yang dibutuhkan, sehingga pelatihan tersebut berjalan dengan baik dan lancar seperti yang diharapkan. (Tini)