Kiat Memulai Bisnis Online Untuk Mahasiswa

Oleh : Febrina Silvamutika
Mahasiswa FISIP UMJ

Teropongpost, – Seiring dengan perkembangan teknologi, informasi, dan komunikasi pada zaman sekarang, banyak hal yang dapat dilakukan oleh masyarakat umum. Seperti halnya berhubungan dengan orang lain melalui media sosial yang ada.
Dengan mudahnya berkomunikasi melalui media sosial tersebut, membuat masyarakat dapat lebih efisien dalam melakukan apa yang diinginkannya.Sebagai generasi millenial saat ini, kita harus dapat memanfaatkan media sosial lebih dari sekedar berhubungan dengan orang lain. Tetapi juga, mampu menggunakan media sosial itu sebagai wadah untuk membuka bisnis/usaha yang menguntungkan.

Usaha tersebutpun dapat dilakukan tanpa adanya modal/tenaga yang besar, untuk berhubungan langsung dengan calon pembeli. Selain itu, kita juga tidak perlu repot-repot menyediakan tempat atau Workshop untuk menjajakan barang yang ingin kita jual tersebut. Hanya bermodalkan Smartphone, Kuota Internet, dan Akun media sosial, kita sudah dapat memulai Bisnis secara online sendiri.
Usaha inipun sangat bermanfaat bagi mahasiswa, yang dimana kewajiban mahasiswa menuntut ilmu di Perguruan Tinggi, tetapi juga dapat membuka peluang usaha yang baru.

Bisnis online adalah kegiatan bisnis yang dilakukan di dunia maya dengan bantuan jaringan internet. Menjalankan bisnis online tentunya memerlukan media online sebagai sarana berbisnis. Media-media online seperti website, blog, jejaring sosial, maupun toko online dapat dijadikan sebagai penggerak bisnis. Pemesanan, transaksi, pembayaran, konfirmasi, konsultasi, kini dapat dilakukan secara mudah dengan online.

Bisnis Online juga memiliki prinsip yang sama dengan bisnis Offline, tetap harus ada Barang ataupun Jasa yang akan dipasarkan. Hanya saja dalam bisnis Online beberapa kegiatan konvensional tergantikan dengan Media Online, seperti dalam pemasaran dan promosinya. Kegiatan Bisnis Online maupun Offline berjalan saling mendukung dalam upaya mencapai tujuan dari usaha tersebut.

Bisnis online dapat dijalankan oleh siapa saja yang mempunyai niat dan semangat tinggi. Bisnis ini memiliki potensial tinggi yang dapat diaplikasikan pada usaha apapun. Kemudahan dalam mengakses internet dan layanan media online yang gratis, dapat dimanfaatkan oleh orang yang ingin memulai bisnis.

Setiap bisnis yang memang pasti ada tantangannya masing-masing, begitu pula dengan bisnis online ini. Tetapi mengingat potensi yang ada dalam bisnis online ini, seharusnya tantangan itu menjadikan kita lebih semangat lagi untuk meraih kesuksesan kedepannya.

Diawal perjalanan bisnis ini akan jadi cukup sulit, dikarenakan butuh proses perkenalan dan membangun reputasi di dunia global. Dengan adanya persaingan di dunia global tersebut, kita perlu menyiapkan mental kuat untuk melaluinya. Seiring dengan berjalannya waktu, serta meningkatnya kualitas bisnis maka tujuan bisnis pun niscaya akan tercapai.

Kesuksesan dari bisnis online tidak hanya dinilai dari kualitas produk maupun jasa yang dijual, namun juga dipengaruhi oleh strategi pemasaran online yang tangguh. Perihal pengetahuan dan pengalaman menjadi faktor penting dalam menjalankan bisnis online. Kemampuan teknis dan ketrampilan khusus dalam internet juga diperlukan. Dalam menjalankan bisnis online kita tidak bisa lepas dari kegiatan pemasaran.

Mengapa harus bisnis online? Bisnis online dapat menjadi alasan yang tepat bagi mahasiswa untuk merintis bisnis, karena selain modal yang dikeluarkan kecil, bisnis ini juga dapat dilakukan oleh siapapun, kapanpun, dan dimanapun.

Dalam bisnis ini, ada beberapa tipe ide bisnis yang dapat kita pilih diantaranya seperti Reseller. Reseller adalah penjual yang menjual kembali barang dari penjual yang lain, jadi reseller hanya perlu meneruskan barang kepada pembeli. Reseller biasa disebut tangan ke-dua, tetap mendapatkan keuntungan karena reseller akan mendapatkan harga yang lebih rendah dari penjual yang pertama. Sehingga reseller dapat menjual kembali barang tersebut dengan harga yang berbeda kepada pembeli.

Seperti yang dilakukan oleh salah satu mahasiswa dari perguruan tinggi swasta di Jakarta, ia memulai bisnis online shop dari modal yang kecil. Tetapi lama-kelamaan mulai berkembang pesat dan sangat menguntungkan. Dalam perjalananya, ia awalnya sebagai reseller yang hanya menjual suatu produk dalam jumlah sedikit. Namun, sekarang sudah menjadi agen grosir sebuah online shop yang menyediakan berbagai macam pakaian.

Ia menceritakan keluh kesah selama merintis bisnis online ini, dimana saat baru memulai usahanya pernah dalam sebulan hanya laku satu buah saja. Tetapi seiring waktu justru pesanan melonjak, ia pun sekarang sudah banyak memiliki reseller.
Dalam memulai bisnis ini, ia mengatakan bahwa kita harus bersabar, dan serius dalam menanggapi pesanan. Kualitas barang yang kita jual juga harus diperhatikan, pengiriman diusahakan jangan lama-lama. Maka pembeli pun merasa puas dengan pembeliannya.

Begitulah kiat-kiat yang disampaikan oleh mahasiswa yang memulai bisnis online, hanya bermodalkan kuota, waktu yang santai, dan smartphone yang umumnya kita miliki. Menguntungkan sekali bukan untuk mahasiswa? Jadi, tunggu apalagi?

(RED)

Leave a Reply

Your email address will not be published.