Kopka Sumono Anggota Koramil 01 Teluknaga Berikan Pemahaman Terkait Covid-19

Teropongpost, Kab. Tangerang, –Tidak mengenal lelah dan bosan, inilah yang dilakukan Serda Suparman dan Kopka Sumono Babinsa Tanjung Burung Koramil 01 /Teluknaga, Serta Babinkamtibmas Aiptu Ruslan.

Terus mensosialisasikan pemahaman tentang Virus Covid-19 dan Protokol Kesehatan, kepada masyarakat Kp. Suka Bakti RT 02 RW 01 Desa Tanjung Burung, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Banten. Senin, (22/2/2021).

Dengan latar belakang pendidikan ATLM (Ahli Teknologi Laboratorium Medis) dan pengalaman yang dimilikinya ketika berdinas di Laboratorium PCR Rumah Sakit Daan Mogot Kesdam Jaya, Kopka Sumono berusaha berbagi ilmu dan pengalamannya, cara menghadapi dan menghindari penyebaran virus Covid-19.

Bersama Babinsa Tanjung Burung Serda Suparman dan Babinkamtibmas Aiptu Ruslan Yusnandar, mereka bertiga saling bahu-membahu membantu mengatasi dan memberikan solusi kepada masyarakat Desa Tanjung Burung dalam menghadapi penyebaran virus Covid-19.

Kepada awak media Kopka Sumono mejelaskan, kepada masyarakat Desa Tanjung Burung bahwa dalam menghadapi penyebaran virus Covid -19 warga tidak perlu takut, tetapi juga jangan ceroboh. Tetap patuhi dan laksanakan protokol kesehatan, dengan metode 4 M, Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menghindari kerumunan.

Selain itu Kopka Sumono juga menjelaskan, “jika diantara warga ada yang terpapar Virus Covid-19 warga Desa Tanjung Burung untuk di himbau tidak usah panik atau khawatir, tetap patuhi dan laksanakan protokol kesehatan dengan metode 4M tersebut,” Ujarnya.

Bagi warga yang terpapar dengan merasakan adanya gejala demam, batuk pilek, lemas hingga kehilangan indera penciuman, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan kesehatan ke Puskesmas atau dinas kesehatan terkait guna mendapatkan tindakan yang diperlukan yaitu dengan 3T,
1.Testing(pemeriksaan dengan Rapid antigen/Swab PCR).
2.Tracing(penelusuran terhadap kontak di sekitar pasien yang terpapar).
3.Treatmen(pengobatan dengan pemberian vitamin) .

Untuk menghadapi penyebaran Virus Covid-19 kata Kopka Sumono, kita harus senantiasa menjaga stamina tubuh dengan cara cukup istirahat, cukup makanan bergizi, cukup suplemen tambahan dan vitamin agar tubuh kita ini mampu menghasilkan Antibodi untuk melawan Virus Covid-19 yang masuk meginvasi tubuh kita.

Kopka Sumono juga mengatakan bahwa pada dasarnya kita semua berpotensi terpapar oleh Virus Covid-19, maka dari itu warga dihimbau agar selalu disiplin mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan guna menghindari terpapar dan terinfeksi oleh Virus Covid-19.

Dalam penyampaian pengetahuan dan pemahaman terhadap Virus Covid -19 kepada warga Desa Tanjung Burung, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Kopka Sumono tak lupa mengingatkan warga bianaanya untuk tidak salah paham terhadap pasien atau keluarga pasien yang terpapar Virus Covid-19 begitupun sebaliknya bagi pasien dan keluarganya tidak perlu merasa terkucilkan dari warga atau masyarakat sekitarnya.

“Tetapi semua harus bisa menyadari dan bisa saling memotivasi baik pasien, keluarga pasien dan warga masyarakat sekitarnya dengan tetap menjaga jarak artinya agar tidak terjadi kontak dan terpapar oleh Virus Covid-19,” Tutupnya. (RI)