Peringati Hari Infanteri, Kodam Tanjungpura Gelar Karya Bakti di Wilayah Kodim Mempawah

Teropongpost, Mempawah, –Kodam Xll/Tanjungpura menggelar karya bakti memperingati Hari Infanteri TNI-AD ke-72, Rabu (16/12/2020). Karya bakti yang melibatkan para prajurit dari satuan kewilayahan tersebut dipusatkan di wilayah Kodim 1201/Mempawah.

“Korps Infanteri merupakan bagian dari Angkatan Darat dan menurut sejarah Infanteri merupakan cikal bakal terbentuknya tentara di Indonesia yang sering dikenal dengan pasukan jalan kaki berjuang bersama Jenderal Besar Sudirman saat melaksanakan pertempuran di Ambarawa,” kata Komandan Rindam Xll/Tanjungpura, Kolonel Inf. Agus Widodo saat meninjau karya bakti di mempawah.

Dikatakan, Kegiatan pada peringatan HUT Infanteri melibatkan seluruh komponen masyarakat. Sebab, dalam sejarahnya tentara berasal dari rakyat yang pada masa lalu bersama Jenderal Besar Sudirman merebut kemerdekaan.

“Untuk itulah, hari ini kami memperingati Hari Infanteri dengan bersama-sama seluruh masyarakat dan komponen bangsa melaksanakan Karya Bakti untuk mengatasi kesulitan masyarakat yang ada di kabupaten mempawah”, ujarnya.

Sementara Itu, Dandim 1201/Mph Letkol Inf Dwi Agung Prihanto yang bertindak memimpin Apel pengecekan dan pembagian tugas mengatakan karya bakti ini menjadi penanda bahwa antara TNI dan Rakyat masih terus berjuang bersama melanjutkan perjuangan para pahlawan dalam membantu menyelesaikan kesulitan masyarakat.

“Diharapkan, kegiatan karya bakti ini tetap menerapkan Protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Mempawah ini”, Ucap Dandim Mempawah.

Adapun kegiatan Karya Bhakti yang di laksanakan antara lain, pembersihan dan pengecatan tempat ibadah, pembersihan parit, memberikan penyuluhan Covid 19 dan pelatihan penegakan disiplin Prokes kepada masyarakat Desa Sejegi di MAN 1 Mempawah dan Ponpes Bahrul Ulum serta pembagian masker kepada masyarakat sejumlah 7.200 yang dibagikan di beberapa titik. (RI)