Peringati Hari Juang TNI AD, Dandim Mempawah Minta Prajurit Komit Mengemban Amanah Rakyat

Teropongpost, Mempawah, –Kodim 1201/Mph menggelar acara syukuran dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika TNI AD tahun 2020 yang bertema, “Bersama Kita Bisa” berlangsung di aula Makodim 1201/Mph. Selasa, (15/12/2020).

Acara syukuran sederhana dipimpin langsung oleh Dandim 1201/Mph Letkol Inf Dwi Agung Prihanto dan di hadiri seluruh Perwira Staf, Danramil, serta Bintara dan Tamtama.

Dandim Mempawah Letkol Inf. Dwi Agung Prihanto, dalam sambutanya mengajak seluruh prajurit TNI di wilayah Kodim 1201/Mph untuk terus berkomitmen mengemban amanat perjuangan rakyat demi membela kepentingan rakyat.

“Para prajurit TNI juga harus meneladani perjuangan para pahlawan khususnya yang gugur dalam pertempuran Ambarawa. Semangat perjuangan pantang menyerah yang ditunjukkan oleh para pahlawan harus dicontoh dalam pelaksanaan tugas, guna memberikan yang terbaik pada satuan dan juga rakyat,” ucapnya.

“Hari Juang Kartika menularkan semangat kemanunggalan TNI kepada rakyat dalam memperjuangkan kemerdekaan RI. Hal tersebut menjadi pendorong pengabdian TNI dalam menghadapi tantangan masa depan yang semakin kompleks dan dinamis,” tutur Letkol Dwi Agung.

Untuk itu kata Agung, prajurit TNI di wilayah Kodim 1201/Mph harus berkomitmen mengemban amanat perjuangan rakyat untuk membela kepentingan rakyat. Semangat patriotisme dan nasionalisme yang dibungkus dengan keberanian, keikhlasan serta kerelaan berkorban dalam menghadapi musuh yang jauh lebih kuat, mampu menghantar para pejuang bersama rakyat mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Agung menjelaskan, dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD tahun 2020 Kodim 1201/Mph telah mlaksanakan kegiatan Karya Bakti dan Komsos. Kegiatan tersebut di antaranya bedah rumah tidak layak huni, donor darah dan pembersihan rumah ibadah. Hal tersebut diharapkan dapat semakin meningkatkan sinergitas antara TNI dan rakyat.

“Hari Juang Kartika TNI AD adalah hari khusus bagi Korps Infanteri TNI AD yang diperingati setiap tanggal 15 Desember untuk mengenang Pertempuran Ambarawa. Momen tersebut merupakan momen penting untuk mengenang kembali semangat perjuangan dan pantang menyerah para pahlawan yang gugur dalam pertempuran Ambarawa,” tambah Alumni Akmil 2002 tersebut.

Letkol Inf Dwi Agung Prihanto berpesan kepada seluruh prajurit TNI di Kodim 1201/Mph agar meneladani perjuangan para pahlawan khususnya yang gugur dalam pertempuran Ambarawa. Semangat perjuangan pantang menyerah yang ditunjukkan oleh para pahlawan harus dicontoh dalam pelaksanaan tugas, guna memberikan yang terbaik pada satuan dan juga rakyat.

“Implementasinya saat ini yaitu pantang menyerah dalam setiap tugas untuk memberikan yang terbaik pada satuan dan rakyat. Jaga selalu sinergitas antara TNI dan rakyat. Karena kekuatan TNI ada pada rakyat,” pungkasnya. (RI)