Perjuangan GENSA mempertahankan Destinasi Wisata dan UMKM Indonesia di Masa Pandemi

Teropongpost, Tangsel, –Rangkaian Expo Galeri Etnik Nusantara (GENSA) diadakan dari 12 September 2020 lalu, sampai dengan 28 Oktober 2020, Bertempat di Mall WTC Matahari Serpong Tangsel.

Expo ini sendiri merupakan salah satu Rangkaian Acara dari Agenda GENSA dari Januari-November untuk mengenalkan Produk-produk Khas Kota Tangsel khususnya, maupun Kota/Kabupaten yang tergabung di dalamnya. Produk yang ditampilkan memang tidak banyak, tetapi sudah memenuhi tempat yang tersedia.

Untuk diketahui, selain sebagai Destinasi wisata ke 25 di Kota Tangerang Selatan juga memiliki badan Hukum yang mewadahi UKM Nusantara dengan Koperasi pemasaran GENSA, disini juga selalu mendampingi UKM dengan membuka webinar gratis dan konsultasi melalui WAG untuk pendampingan pengetahuan tentang standartnya BPOM, GMP, SNI, Halal dan juga Hak Paten suatu produk, yang difasilitasi oleh Dinas Koperasi Tangsel. Koperasi GENSA pun memproduksi kembang goyang dan onde-onde khas Tangsel.

Sebelumnya GENSA pun mendukung Bazaar tunggal saat Peresmian kerjasama Mall WTC Matahari Serpong dengan Dinas Imigrasi Tangsel. Selasa, (20/10/2020) lalu.

Dalam Rangkaian Expo ini, GENSA dengan Mall WTC Matahari Serpong bekerjasama untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh Pemerintah.
“Kita sediakan ruangan khusus untuk para pengunjung tes Kesehatan Covid-19”. Ucap Racheltera Triyati selaku Direktur GENSA Rabu, (28/10/2020).

Hari ini ada event dengan Komunitas Makeup Artist Ter Hits (KMT), dalam rangka untuk mengenalkan Produk-produk Kosmetik dalam Negeri. Yang nantinya juga akan go ekspor, jadi tidak harus impor produk kosmetik, akan tetapi produk dalam negeri pun sudah bagus.

“Kami pun tetap berusaha mempromosikan produk UMKM yang tergabung seperti furniture, Makanan minuman, batik, tenun, dan lainnya. Hari ini pun kita perdana Open Norco Coffee de Sire, itu nanti ada Franchise-nya kami mensupport produk Gula Aren, Kopi Indonesia dan akan membantu untuk Ekspor Produk-produk tersebut”. Ujarnya

Di masa Pandemi Covid-19 ini, kita tetap semangat untuk mempromosikan produk-produk yang bekerjasama dengan Mahasiswa UNPAM. Tetapi tetap sesuai dengan peraturan pemerintah yang diberlakukan.

“Kita juga menjadi salah satu Lembaga Pengusul Bantuan Presiden UKM Mikro yang produktif, Dimana kami telah lolos pada tahap pertama dengan 106 orang. Itu menjadikan para pelaku UMKM yang tergabung di GENSA tetap semangat untuk memasarkan produknya”. Ungkapnya

GENSA pun akan tetap open dengan para pelaku UMKM yang ada untuk menitipkan produknya disini. Sehingga UMKM tidak berhenti memproduksi barangnya masing-masing. Pandemi Covid-19 bukan suatu halangan untuk GENSA membantu para pelaku UMKM agar tetap bisa produksi dan berjualan.

“Harapan saya dengan para Instasi-instasi yang terkait, dikarenakan adanya Pandemi Covid-19 ini menjadikan semua anggaran tertunda. Mulai dari wisata, investasinya, produk-produknya, semoga tahun depan dapat bergabung dengan kami. Sehingga biaya-biaya pendukung untuk UMKM dapat berguna secara maksimal”. Pungkasnya (Tini)

Leave a Reply

Your email address will not be published.