Respon Cepat Bupati Gunungkidul Yang Baru, Lanjutkan Kerjasama Dengan Kemitraan MDS GENSA

Teropongpost, Gunungkidul, –Kemitraan Sosial Mitra Dinamika yang sebagai Pendiri dan Pengelola GENSA (Galeri Etnik Nusantara) telah adakan audiensi dengan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, dalam rangka pelaporan kemajuan Kemitraan MDS kepada Bupati yang baru H. Sunaryanta, dimana sebelumnya GENSA memang sudah menjalani kerjasama dengan Bupati yang lama. Senin, (8/3/2021).

Untuk diketahui bahwa, Galeri Etnik Nusantara (GENSA) sendiri adalah suatu lembaga yang mewadahi para pelaku Wisata, UMKM, Penggiat Seni Budaya dan Pelukis, serta Pendidikan. Dikarenakan Masih banyak Produk Wisata, UMKM Unggulan dan Daerah, perlu Promosi secara efektif dan efisien dalam satu tempat agar mampu menjadi pilar kekuatan ekonomi nasional yang kuat dan mandiri yang dapat mengoptimalkan pemasaran baik domestik maupun Internasional, mendukung pemulihan Perekonomian Daerah dan Peningkatan Export Nasional.

Sebelumnya di Gunungkidul sendiri telah adakan Pengukuhan RKMDS / Rumah Kemitraan Mitra Dinamika Sejahtera, Pada Selasa, 27 Desember 2016 lalu, di Rumah Kemitraan Ponjong yang dihadiri sekitar 80-100 UMKM, Ketua DPRD Gunungkidul, Ketua LIPI, Kepala Dinas Disperindagkop ESDM, dan pengusaha lokal dalam peningkatan mutu standar Nasional, Kemasan, dan Edukasi SDM UKM agar bisa menembus pasar, dengan memberikan berbagai Fasilitas kemudahan tempat dan biaya expedisi secara mandiri, tapi sinergi dengan PT. Mitra Dinamika Sejahtera sebagai badan hukum yang bergerak dalam sektor Konsultan, Kontraktor, dan Trading.

Dalam audiensi tersebut, KSMDS memaparkan 18 progres yang sudah dilakukan, agar produk Gunungkidul bersama produk UKM Daerah lainnya di Indonesia bisa Go Nasional dan Internasional , yaitu membangun Rumah Kemitraan MDS di Gunungkidul, Pameran Tunggal OGEKA (oleh2 Gunungkidul) di PGC Cililitan, Kerjasama dengan Pemerintahan Kota Tangerang selatan (Dinkop,Indag,Dinpar) mendirikan Galeri GENSA di Mall WTC Matahari Serpong Kota Tangerang Selatan, kerjasama dan dipayungi oleh 6 Kementrian (Kementrian Dalam Negeri RI, Kementrian Luar Negeri RI, Kementrian Perindustrian RI, Kementrian Perdagangan RI, Kementrian Koperasi dan UKM, Kementrian Pariwisata), di dukung Bupati Gunungkidul, Supply Produk Export, Pelatihan Perizinan, Perbaikan Kemasan, Promosi Expo dan Event rutin, mendirikan Koperasi Pemasaran GENSA untuk Wadah UKM, mendirikan Yayasan GENSA untuk kegiatan Sosial, mebuat Inovasi Produk, Networking kerjasama dengan exportir dan Importir Diaspora, KBRI, Konjen, ITPC, juga Inovasi Penanaman Kopi Di Gunungkidul sebagai sentra baru.

Dalam waktu yang sama dilaporkan juga untuk ditindaklanjuti Pekerjaan yang tertunda sejak tahun 2017 lalu, yaitu Usulan adanya Sentra 5 Industri yang dulu dijalankan Oleh salah satu OPD, namun belum terlaksana padahal dapat menyerap tenaga kerja, dan mengusulkan beberapa perecanaan seperti Bangunan yang sudah diusulkan sejak tahun 2018, yaitu GENSA Mall (yang didalamnya akan ada kegiatan Shopping Mall, Mice, Education, Investasi, Center Art, Sport Center, Kid Station). Revitalisasi Rumah KMDS sebagai Pusat cinderamata dan Pelatihan UKM dan Seni Sisi Timur, Prasarana Air untuk mini plant sentra Kopi di Gunungkidul, agar bisa menjadikan Pilar kekuatan mendukung sektor Pariwisata Gunungkidul Go Internasional.

Maka dari itu Racheltera Triyati selaku Direktur MDS, berharap kepada Pemerintah Kabupaten Gunungkidul yang baru ini tetap meneruskan kerjasama, dan dapat lebih maju dan berkembang lagi. Terlebih selama 3 tahun ini GENSA Gunungkidul sudah ada hingga saat ini di Kota Tangerang selatan, yang terus dan tetap berjalan untuk memamerkan Potensi dan produk Wisata dan UKM Go Global dan Go Export. (Tini)